nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Jambu Biji Bisa Lawan Virus Corona, Ini Penjelasannya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 10:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 10 481 2197079 benarkah-jambu-biji-bisa-lawan-virus-corona-ini-penjelasannya-HC1eT6y4LZ.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Tim peneliti Indonesia menemukan fakta baru terkait penanganan penyakit virus corona (COVID-19). Mereka mendapati bahwa terdapat senyawa potensial dalam jambu biji yang dipercaya dapat melawan virus coron COVID-19.

Diterangkan Ahli Penyakit Dalam dari Universitas Indonesia dr. Ari Fahrial Syam, terdapat senyawa hesperidin, myricetin, luteolin, dan casuarinin di dalam buah jambu biji. Senyawa itu sangat berpotensi besar mampu melawan virus corona.

"Hasil penelitian bioinformatika kami menunjukan bahwa senyawa yang terkandung di dalam jambu biji dapat mencegah atau setidaknya mengurangi dampak infeksi," terang dr Ari, menurut laporan Anadolu Agency.

Jambu biji sendiri banyak ditemukan di Indonesia dan cara mengonsumsi buah ini sangat sederhana, Anda bisa memakannya langsung atau membuat jus dari buah itu.

Dokter Ari menerangkan, saat ini Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor tengah mencari dukungan dari perusahaan farmasi untuk memproduksi secara massal obat berbasis jambu biji.

"Tim perlu melakukan uji klinis pada hewan dan manusia sehingga obat itu nantinya dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas," tambah dr Ari.

Lebih lanjut, Irmanida Batubara dari Institut Pertanian Bogor mengatakan, hesperidin yang ada di dalam jambu biji dapat melindungi tubuh dari virus dan mikroba. Selain di jambu biji, senyawa baik ini terbukti ada di kulit jeruk pun varietas jeruk lainnya.

"Masyarakat dapat membuat jus jeruk dengan menambahkan kulitnya sedikit. Memang rasanya akan menjadi lebih pahit, tapi begitulah rasa dari hesperidin. Jika dirasa kurang enak, Anda bisa minum infused water dengan air dan jeruk lengkap dengan kulitnya," tambah Irmanida.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini