nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsumsi Xanax saat Hamil, Apa Pengaruhnya ke Bayi Vanessa Angel?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 11:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 10 481 2197101 konsumsi-xanax-saat-hamil-apa-pengaruhnya-ke-bayi-vanessa-angel-jKc9nOu7XA.jpg Vanessa Angel. (Foto: Instagram)

DI tengah kehamilannya, artis cantik Vanessa Angel malah ditangkap karena kepemilikan zat psikotropika. Dia pun menjadi tersangka kepemilikan narkotika dengan jenis xanax.

Menurut keterangan Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat, Kompol Ronaldo Maradona, Vanessa memperoleh xanax saat menjalani kasus di Jawa Timur. Lantas, apa pengaruh obat tersebut ke jabang bayi Vanessa?

Melansir WebMD, jika menggunakan Xanax ketika Anda sedang hamil. Obat ini dapat menyebabkan cacat lahir. Bayi Anda juga bisa menjadi tergantung pada obat.

Hal ini dapat menyebabkan gejala penarikan yang mengancam jiwa pada bayi setelah lahir. Bayi yang lahir tergantung pada obat pembentuk kebiasaan, mungkin memerlukan perawatan medis selama beberapa minggu.

obat-obatan

Xanax (alprazolam) sendiri, adalah benzodiazepine (ben-zoe-dye-AZE-eh-peen). Alprazolam merupakan obat yang akan mempengaruhi cairan dalam otak. Xanax biasanya digunakan untuk mengobati gangguan kecemasan, gangguan panik, dan kecemasan yang disebabkan oleh depresi.

Anda pun wajib memberitahu dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil ketika akan mengonsumi obat tersebut. Bahkan, disarankan untuk menggunakan alat kontrasepsi yang efektif, untuk mencegah kehamilan saat Anda mengonsumsi Xanax.

Selain itu, alprazolam dapat masuk ke dalam ASI dan dapat membahayakan bayi yang menyusu. Anda sebaiknya tidak menyusui saat menggunakan Xanax.

Efek sedatif Xanax dapat bertahan lebih lama pada orang dewasa yang lebih tua. Xanax pun tidak dianjurkan untuk digunakan oleh siapa pun yang lebih muda dari 18 tahun.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini