14 Vaksin Wajib Didapat Anak Sebelum Usia 2 Tahun

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 11 April 2020 00:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 10 481 2197259 14-vaksin-wajib-didapat-anak-sebelum-usia-2-tahun-HZTAeQOagI.jpg Ilustrasi. (Momjunction)

VAKSINASI atau imunisasi adalah salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan orang tua untuk melindungi buah hati. Dengan melakukan vaksinasi, setidaknya 14 penyakit serius bisa dicegah sebelum anak berusia dua tahun.

Beberapa penyakit memang sangat serius dan bisa menyebabkan kematian. Khususnya pada bayi dan anak kecil. Vaksin bekerja dengan pertahanan alami membantu membangun kekebalan terhadap beberapa penyakit.

Salah satu penyakit berbahaya yang bisa dihindari dengan vaksinasi adalah campak. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah bekerja dengan NIIW untuk menyoroti dampak positif vaksinasi terhadap kehidupan bayi dan anak-anak.

bayi vaksin

Campak masih menjadi penyakit umum di banyak bagian dunia. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini sangat menular dan dapat menyebar dengan mudah. Campak bisa serius dan dapat menyebabkan pneumonia, ensefalitis (pembengkakan otak), dan bahkan kematian.

Anak kecil adalah golongan paling berisiko tinggi mengalami komplikasi serius akibat campak. CDC merekomendasikan bahwa setiap orang yang berusia 6 bulan ke atas wajib mendapatkan perlindungan dari campak dengan menerima vaksin MMR.

Selain campak, masih ada beberapa penyakit lain yang bisa dicegah dengan vaksinasi. Merangkum dari CDC, Jumat (10/4/2020), berikut daftar penyakit yang bisa dicegah menggunakan vaksinasi.

1.Difteri

2.Haemophilus influenzae tipe b (Hib) 3.Hepatitis A

4.Hepatitis B

5.Influenza (flu)

6.Campak

7.Penyakit gondok

8.Pertusis (batuk rejan)

9.Penyakit pneumokokus

10.Polio

11.Rubella (campak Jerman)

12.Tetanus (lockjaw)

13.Rotavirus

14.Varicella (cacar air)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini