nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jubir COVID-19 Ungkap Alasan Kasus Corona di Indonesia Kian Meningkat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 17:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 10 481 2197270 jubir-covid-19-ungkap-alasan-kasus-corona-di-indonesia-kian-meningkat-juthtyxcGp.jpg Ilustrasi. (Okezone)

ANGKA kasus positif COVID-19 terus meningkat. Data terbaru menyatakan, terdapat penambahan 219 kasus, sehingga total mencapai 3.512 kasus.

Angka kematian pun masih menanjak, data terbaru mengatakan ada 26 kasus meninggal baru yang berarti total sudah ada 306 pasien COVID-19 meninggal dunia. Meski begitu, kasus sembuh tak kalah banyak, ada 30 aksus baru dengan total 282 kasus sembuh.

physical

Tetap adanya penambahan kasus positif corona COVID-19, menjadi salah satu indikator physical distancing atau menjaga jarak aman antarorang di Indonesia, masih sangat lemah. Hal ini pun disampaikan Juru Bicara Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto.

"Mengatur jarak aman dalam pengimplementasiannya adalah kerja di rumah, belajar di rumah, beribadah di rumah, tidak sepenuhnya dilakukan masyarakat dengan baik," tegas Yuri di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (10/4/2020).

Padahal, pada hakikatnya melakukan physical distancing atau bahkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) adalah kunci dalam memutus rantai penyebaran dan penularan virus corona COVID-19. Hanya ini cara pemerintah menghentikan penambahan angka positif COVID-19.

"Dengan tetap melakukan aktivitas sosial, sangat memungkinkan penularan virus corona COVID-19 dari penderita ke orang lain. Oleh karena itu, kami memohon pada seluruh masyarakat agar mematuhinya," kata Yuri.

Ia menambahakan, jangan pernah lupa jika pemerintah dan masyarakat sudah memiliki kesepakatan bersama untuk bisa menghentikan sebaran virus ini. Karena itu, diharapkan agar masyarakat mau menjaga jarak aman, tidak keluar rumah jika tidak perlu, menggunakan masker, dan menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya pakai sabun selama 20 detik.

"Ini salah satu cara kami, komitmen tegas kami dalam melakukan physical distancing atau menjaga jarak aman supaya dapat memutus penyebaran virus corona COVID-19," sambung Yuri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini