Mengenal Kamis Putih, Jumat Agung Hingga Minggu Paskah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 07:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 10 612 2197050 mengenal-kamis-putih-jumat-agung-hingga-minggu-paskah-YxFP1yy0ZR.jpg Foto: Ilustrasi. dok.Okezone

HARI Raya Paskah tahun ini jatuh pada Minggu 12 April 2020. Namun sebelum itu terdapat momen-momen penting lainnya bagi umat Kristiani, yaitu Rabu Abu, Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, sampai perayaan puncak yakni, Minggu Paskah.

Kamis putih sendiri sudah dilewati kemarin, yaitu Awal Tri Hari Suci yang juga merupakan peringatan perjamuan malam terakhir Yesus bersama kedua belas rasulnya. Hal itu ditandai dengan upacara pembasuhan kaki sebagai ajaran untuk melayani. Ada juga tuguran sebagai simbol berjaga-jaga.

Lalu bagaimana dengan Jumat Agung. Ini merupakan peringatan untuk mengenang peristiwa Yesus wafat di kayu salib. Peringatan ini biasanya diwarnai ibadat jalan salib.

Ada juga upacara penghormatan salib sebagai pengingat Yesus rela mati untuk menebus dosa umat manusia. Setelah itu dilanjutkan dengan ritual keagamaan berupa Sabtu Suci yang juga biasa juga disebut Malam Paskah.

Malam Maskah diperingati sebagai kebangkitan Yesus setelah tiga hari wafat. Cara memperingatinya yaitu menjalankan upacara cahaya menggunakan lilin. Lalu ada juga liturgi baptis sebagai tanda pembaharuan janji baptis dan awal hidup baru. Lalu yang terakhir sebagai pamungkas adalah Minggu Paskah atau perayaan perayaan kebangkitan Yesus

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini