Anak Krakatau Erupsi, Yuk Siapkan Tas Siaga Bencana

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 11 April 2020 08:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 11 612 2197496 anak-krakatau-erupsi-yuk-siapkan-tas-siaga-bencana-qGa77o5NLE.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi semalam dan mengeluarkan abu setinggi 500 meter. Gunung ini, terletak di Perairan Selat Sunda, Lampung, dan hingga kini statusnya masih Waspada atau Level II.

Saat ini, memang banyak bencana terjadi, seperti Pandemi corona COVID-19, atau sebelumnya banjir di daerah Jakarta. Karenanya, tidak ada salahnya kita menyiapkan emergency kit, atau tas darurat.

Nah, apa saja yang harus dipahami dalam menyiapkan tas darurat untuk siaga bencana tersebut? Menyitat Readygoverment, pertama jenis tas yang bisa digunakan, untuk tas darurat bisa menggunakan tas kedap udara, atau bisa juga menggunakan satu hingga dua buah tas kontainer, kantung sampah plastik atau duffel bag.

 Erupsi merapi

Kemudian isi tas darurat pertama dengan bekal air, idealnya bawa satu 3 liter air per orang untuk pasokan air bersih selama tiga hari yang digunakan untuk minum dan keperluan sanitasi. Setelah itu isi dengan stok makanan kering atau makanan yang tidak mudah rusak, pastikan stok makanan cukup untuk setidaknya selama tiga hari.

Makanan dan minuman sudah masuk tas, kemudian jangan lupa untuk membawa senter, power bank, baterai, radio, perlengkapan obat pertolongan pertama (first aid kit), obat-obatan pribadi, peluit sebagai sinyal untuk meminta pertolongan, masker pelindung anti –debu, lem isolasi, terpal plastik.

Setelah selesai, lalu lanjut mulai membereskan barang-barang lainnya seperti pembalut, popok bayi, handuk, sabun, alat pembuka makanan kaleng, peta, dan ponsel dengan chargeran beserta baterai cadangan.

Sebagai tambahan, jika tas memang masih cukup menampung kita bisa juga membawa barang-barang tambahan seperti susu anak dan krim anti-ruam (jika masih mempunyai bayi atau balita), makanan hewan dan air ekstra khusus untuk hewan peliharaan, tisu basah, botol susu, uang tunai secukupnya.

Selain itu, dokumenp pentingseperti surat rumah, surat tanah, ijazah, asuransi, tabungan yang sudah disimpan secara elektronik maka yang asli dan salinannya bisa ditaruh di kontainer portable yang anti-air. Jika memungkinkan, bisa juga membawa selimut atau sleeping bag untuk masing-masing anggota keluarga.

Nah, tas darurat ini harus disiapkan di tempat yang mudah dijangkau dan semua anggota keluarga tahu. Juga disiapkan untuk ditaruh di tempat kerja dan di dalam kendaraan. Mengingat, musibah seperti bencana alam bisa datang kapan saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini