Suara Dentuman Misterius Terdengar Sabtu Dini Hari Bikin Hewan Peliharaan Resah

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 11 April 2020 09:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 11 612 2197510 suara-dentuman-misterius-terdengar-sabtu-dini-hari-warga-jakarta-hewan-peliharaan-gelisah-Dq8fehYtsD.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SABTU (11/4/2020) dini hari, warga seputar Jakarta hingga Jawa Barat mendadak heboh karena mendengar adanya fenomena alam berupa suara dentuman keras.

Mayoritas warga yang merasakan dentuman itu mengaitkannya dengan Gunung Anak Krakatau yang meletus pada Jumat 10 April 2020, namun statusnya masih Waspada atau Level II.

Beberapa warga Jakarta yang mendengar dan merasakan sendiri suara dentuman tersebut pun berbagi cerita kepada Okezone lewat komunikasi Whatsapp.

anjing

“Beberapa saat sebelum dentuman terdengar, anjing di rumah menggonggong terus. Biasanya, binatang lebih peka kalau akan ada fenomena alam ya,” kisah Lisbeth, yang berdomisili di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur.

Saat dentuman terdengar, Lisbeth dan suami sempat mengira sebagai suara ledakan bom.

Pengalaman serupa juga dialami oleh Ade Iva. “Kucing-kucing peliharaan saya juga gelisah dini hari tadi. Biasanya jam segitu sedang tidur, tapi mereka semua terbangun dan jalan mondar-mandir di dalam rumah,” ujar Iva yang tinggal di seputar Ciputat, Jakarta Selatan

Dan ternyata, warga Jakarta lain, Titut Mulyono yang tinggal di seputaran Kemang, Jakarta Selatan juga mengalami hal tak jauh beda dengan hewan peliharaannya. “Mocca, anjing peliharaan, sebelum terdengar dentuman itu juga tiba-tiba terbangun, gelisah. Sesaat setelah dentuman, dia menggonggong keras dan membuat saya mengira ada orang masuk pekarangan rumah. Tapi saya lihat keluar tidak ada siapa-siapa.”

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM, Kasbani, memastikan bahwa suara dentuman yang terdengar di Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu dini hari tadi bukan berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

Pasalnya dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Pasauran Banten saja tidak terdengar suara dentuman. "Kalau dari pos saja tidak terdengar, apalagi dari Jakarta," kata Kasbani kepada Okezone, Sabtu (11/4/2020).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini