Usai Rawat Pasien Corona, Dokter Muda Ini Meninggal Kena Serangan Jantung

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 13 April 2020 21:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 13 481 2198633 usai-rawat-pasien-corona-dokter-muda-ini-meninggal-kena-serangan-jantung-bGLwwFh1rx.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEMBALI, kabar duka tentang tenaga medis yang terpaksa gugur ketika berjuang sebagai garda terdepan penanganan pandemi corona COVID-19. Namun kali ini kabar duka datang dari China.

Seorang dokter muda Zhang Jingjing dilaporkan telah meninggal dunia secara tragis. Bahkan Dokter Zhang meninggal dunia sebelum bisa berkumpul kembali dengan sanak keluarganya.

dokter zhang

Zhang, salah satu dokter muda yang ikut bertugas menjadi garda terdepan penanganan virus corona. Ia merawat para pasien COVID-19 di Provinsi Hubei.

Dokter Zhang diketahui berada di Kota Huanggang, selama dua bulan penuh sebelum kembali di Provinsi Shandong, pada 21 Maret 2020 lalu. Begitu sampai di Provinsi Shandong, Dokter Zhang langsung melakukan isolasi diri selama 14 hari.

Tapi, mendadak pada 5 April 2020 lalu, tepat di satu hari sebelum ia diizinkan untuk kembali ke rumah, Dokter Zhang disebutkan menderita serangan jantung yang fatal. Meskipun sudah dilakukan upaya penyelamatan maksimal, Dokter Zhang yang masih berusia kepala tiga ini, dinyatakan meninggal pada Senin malam, seperti dikutip Shanghaiist, Senin (13/4/2020).

Dinyatakan meninggal pada Senin malam, Dokter Zhang mengembuskan napas terakhirnya, tepat satu hari setelah China menggelar three minutes of silence. Momen ini merupakan keheningan selama tiga menit, untuk menghormati seluruh orang yang menjadi korban jiwa dalam pandemi corona COVID-19 di China.

Dokter Zhang meninggalkan seorang suami dan seorang putri berusia 5 tahun. Sang suami diketahui bekerja di Afrika dan belum bisa terbang untuk pulang.

Untuk tes corona COVID-19, Dokter Zhang sudah melakukan uji tes sebanyak tiga kali. Beruntung, ketiganya menunjukkan hasil negatif COVID-19.

Hingga saat berita ini dilansir, belum disebutkan jelas apa penyebab jelas Zhang mengalami serangan jantung fatal. Ya, kasus kematian para dokter di China yang menangani para pasien COVID-19, bukan lagi kali pertama.

Sebelumnya, sejumlah dokter meninggal di China karena kelelahan setelah bekerja selama berminggu-minggu memerangi pandemi virus corona ini. Contohnya, pada Februari 2020 lalu, ada seorang petugas medis perempuan berusia 51 tahun, yang meninggal setelah bekerja selama 18 hari non-stop.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini