Harus Tetap Kerja saat PSBB, Ini Tips dari Penumpang Commuter

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 13 April 2020 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 13 612 2198412 harus-tetap-kerja-saat-psbb-ini-tips-dari-penumpang-commuter-W0AI8HOrkc.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

PAGI ini, Senin (13/4/2020), masyarakat dihebohkan dengan kerumunan calon penumpang Commuter Line atau KRL, yang mengantre panjang berdempetan, di beberapa stasiun antara Bogor hingga Jakarta. Mereka terpaksa melakukannya akibat dari aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

PSBB Jakarta memang sudah diberlakukan sejak Jumat 10 April 2020. Pembatasan transportasi publik juga diberlakukan, termasuk KRL.

krl

Namun akhirnya karena sebagian masyarakat pinggiran ibu kota harus kembali bekerja, maka mereka memilih naik KRL. Moda transportasi yang praktis, murah dan cepat.

Antrean panjang tak terhindarkan, padahal setiap orang diminta untuk melakukan physical distancing. Tak hanya antrean panjang di stasiun, penumpang juga nampak harus saling berdesakan satu sama lain dalam gerbong kereta.

Sangat disayangkan karena banyak calon penumpang KRL yang harus terpaksa sulit melakukan physical distancing. Salah satunya adalah Luthfi. Luthfi bekerja sebagai pegawai swasta pada salah satu perusahaan di kawasan Jakarta Pusat.

Perusahaan tempat Lutfhi bekerja menerapkan sistem semi Work From Home (WFH). Artinya, Luthfi harus menyesuaikan kapan harus bekerja di rumah dan datang ke kantor sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Karena masih harus datang ke kantor, sesuai dengan jadwal yang sudah diberlakukan oleh perusahaan. ada pengurangan jam kerja juga kalau harus tetap ke kantor,” ujar Luthfi saat diwawancarai Okezone, Senin (13/4/2020).

Jarak yang cukup jauh dari rumah menuju kantor yang menjadi alasan Luthfi tetap memilih menggunakan KRL sebagai alat transportasi hariannya. Ia tetap nekat menggunakan KRL meski berisiko tinggi terinfeksi COVID-19.

“Di KRL itu setahu saya dibatasi penumpangnya dalam satu gerbong. Pada bangku gerbong KRL itu ada tanda supaya orang tidak berdekatan, apalagi wajib pakai masker. Semoga langkah ini aman dari penyebaran COVID-19,” lanjutnya.

Tentunya Luthfi memiliki cara tersendiri agar bisa berangkat kerja dengan aman dan nyaman. Pria berkacamata ini pun membagikan beberapa tips yang ia lakukan ketika hendak menggunakan KRL. Hal ini ia lakukan sebagai tindakan preventif untuk mencegah penularan COVID-19.

krl

“Yang pasti pakai masker, usahakan menjaga jarak dengan penumpang lain, dan tidak saling berhadapan juga. Jangan memaksakan diri kalau gerbong KRL benar-benar penuh, karena ada plihan untuk naik KRl selanjutnya,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini