Sederet Ide Menarik untuk Hilangkan Stres di Rumah Aja

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 14 April 2020 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 14 196 2199210 sederet-ide-menarik-untuk-hilangkan-stres-di-rumah-aja-8HqfJdd4Gr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI COVID-19 memang mengubah kehidupan semua orang di dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan sebelum ada aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tiga pekan sebelumnya, sebagian masyarakat juga sudah melakukan karantina mandiri di rumah.

Ya, pandemi corona COVID-19 yang belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Pada akhirnya semua orang berada di situasi penuh ketidakpastian.

stres

Situasi ini juga memaksa semua orang mengalami perubahan aktivitas. Akibatnya orang sangar rentan stres menghadapi hal itu.

Nah, stres yang dipicu karena di rumah saja ini, mungkin malah salah satunya ikut dialami oleh salah satu anggota keluarga di rumah. Bisa pasangan, kakak atau adik, bahkan orangtua kita sendiri.

Agar mood baik tetap terjaga, langkah apa sih yang sebetulnya bisa dilakukan, saat ada anggota keluarga di rumah yang mengalami stres ringan? Karena mereka harus di rumah saja, di situasi pandemi corona saat ini?

Langkah pertama yang harus dilakukan, dikatakan oleh Psikolog Klinis ternama, Ratih Ibrahim SPsi, MM, adalah melihat potensi konflik. Jika melihat memang ada potensi besar untuk terjadinya konflik, maka cara terbaik pertama yang bisa kita lakukan adalah menghindari potensi masalah tersebut. Mengambil jarak menjadi penting, untuk melindungi diri sendiri agar tidak ikut "keracunan".

“Energi positif itu menular sama kayak virus, tapi yang negatif menularnya lebih ngeri. Jadi artinya ayo bikin diri kita ini jadi bakteri baik yang punya energi positif. Kalau kemudian ada potensi konflik, dihindari dulu," katanya dalam tayangan live Okezone Stories, “Lebih Dekat dengan Keluarga Saat Pandemi Corona”, Selasa (14/4/2020).

Sebab situasi seperti ini, menurut Ratih, bukan soal siapa salah siapa benar, siapa yang kalah siapa menang. Tapi ini soal menjaga agar keluarga supaya adem.

Sebagai yang lebih stabil secara pikiran psikis, jika yang dialami oleh anggota keluarga di rumah adalah stres ringan, sebetulnya Anda tak perlu panik. Karena begitu banyak cara sederhana yang bisa dilakoni agar mood perasaan tetap terjaga.

“Ajak keluarga yang lagi stres ini supaya rileks. Kalau ada alat musik di rumah ajak main musik bareng. Enggak ada, coba ajak nyanyi acapela it’s ok fals yang penting jadi fun. Sehingga yang lagi stres ini bisa ikut merasa gembira, nah stresnya jadi kurang,” tambahnya.

Cara yang sama bisa juga diterapkan kepada orangtua di rumah dengan anak yang masih kecil. Anak kecil mudah merasa bosan di rumah, karena jenuh ingin bermain di luar rumah.

Inilah mengapa orang tua atau anggota keluarga lainnya, yang ada di rumah disarankan untuk mengajak anak banyak melakukan aktivitas sederhana, tapi seru di rumah. Ratih mengatakan, banyak kegiatan yang bisa dilakukan, misalnya mengajak anak main bareng permainan mencari harta karun, masak bersama-sama, tidur siang bersama, pijat-pijatan sama anak, atau sesederhana dancing (menari) bersama.

"Tujuannya supaya gembira lagi. Banyak aktivitas sederhana yang seru menyenangkan, kita nya enggak sempat stres, karena melakukan banyak hal,” pungkas Ratih.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini