Rekomendasi Daftar Belanja Produk Rumah Tangga saat PSBB Corona COVID-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 14 April 2020 22:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 14 196 2199247 rekomendasi-daftar-belanja-produk-rumah-tangga-saat-psbb-corona-covid-19-mZGjqWUgUD.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SELAIN menyiapkan stok makanan di rumah, Anda juga butuh berbelanja produk rumah tangga selama pandemi corona COVID-19. Maka saat ke supermarket, siapkan daftar belanja produk rumah tangga yang pasti dibutuhkan.

Misalnya saja segala macam toiletries, obat-obatan hingga produk kebutuhan untuk hewan peliharaan. Anda bisa sekali pergi ke supermarket dalam sebulan, di saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti ini.

Lalu apa saja daftar belanja produk rumah tangga yang wajib dicatat sebelum ke supermarket? Dilansir Okezone dari Goodhousekeeping, ini dia ulasan selengkapnya.

Stok toiletries

toiletries

Perlengkapan mandi dasar seperti pasta gigi, sabun, sampo, kondisioner, pisau dan krim cukur, pembersih tangan dengan setidaknya 60% alkohol wajib masuk dalam daftar belanjaan Anda ya.

Cairan pembersih rumah tangga

Jangan lupa memasukkan daftar belanjaa seperti deterjen, disinfektan, karbol, dan cairan pemutih. Menurut laporan ahli medis, cairan pemutih dikatakan ampuh melawan virus corona bila diencerkan dengan benar. Caranya dengan mencampurkan 4 sendok makan cairan pemutih per liter air. Setelah itu gunakanlah untuk membersihkan lantai dan bagian-bagian di dalam rumah yang paling sering terkena kontak manusia.

Obat-obatan

obat

Setelah memastikan stok makanan dan pembersih terpenuhi, benda selanjutnya yang wajib Anda sediakan adalah obat-obatan. Bagi yang menggunakan resep dokter, pertimbangkan lah untuk membeli stok obat untuk keperluan satu hingga dua bulan.

Palang Merah Amerika Serikat juga telah merekomendasi untuk menyediakan setidaknya 30 hari obat resep, bagi pasien yang hendak melakukan rawat jalan di rumah. Mereka juga memberikan saran beberapa jenis obat yang harus disediakan, seperti obat penghilang rasa sakit, obat sakit perut, obat batuk dan pilek, serta obat pelega tenggorokkan. Multivitamin harian juga sangat disarankan untuk membantu tubuh mendapatkan vitamin dan mineral yang seimbang.

Stok makanan untuk hewan peliharaan

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan stok makanan obat-obatan untuk hewan peliharaan. Sama seperti manusia, mereka juga membutuhkan perawatan dan persediaan makanan yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini