3 Tips Praktis Belanja ke Pasar demi Cegah Penularan Corona COVID-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 14 April 2020 22:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 14 298 2199238 3-tips-praktis-belanja-ke-pasar-demi-cegah-penularan-corona-covid-19-5Z8O7ZJWoq.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

BERBELANJA ke pasar memang jadi salah satu aktivitas menyenangkan bagi para ibu. Namun di situasi pandemi corona COVID-19 seperti ini, Anda diimbau tak berlama-lama belanja ke pasar.

Karenanya, ada tips yang dapat diterapkan saat berbelanja ke pasar yang singat, namun tetap menyenangkan. Karena bagaimanapun Anda harus menyiapkan stok makanan yang harus dikonsumsi di rumah agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi.

Dilansir Okezone dari Goodhousekeeping, berikut 3 tips belanja ke pasar yang praktis namun semua kebutuhan sehari-hari tetap terpenuhi. Yuk simak!

Lihat isi dapur

daour

Sebelum membeli stok makanan, ada baiknya Anda melihat persediaan bahan-bahan makanan yang ada di dapur dan kulkas. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot lagi memborong bahan makan, terlebih bila stok makanan kalengan di rumah masih cukup banyak.

Buat daftar belanja

daftar belanja

Tips selanjutnya adalah membuat daftar belanja. Dalam kondisi seperti saat ini, sangat dianjurkan untuk membeli makanan yang tidak mudah membusuk atau tahan lama. Contoh sederhana seperti buah-buahan beku (frozen fruit), sayuran dan makanan kalengan lainnya.

Perlu diingat, bila Anda ingin membeli makanan kalengan, selalu perhatikan label pada kemasannya. Pilihlah makanan yang rendah sodium dan memiliki lapisan BPA untuk memastikan bahwa kemasan masih dalam keadaan baik dan tidak rusak.

Jangan ragu untuk membeli produk-produk segar

sayur

Namun usahakan Anda menggunakan atau mengolah bahan makanan ini terlebih dahulu untuk meminimalisir limbah. Selain itu, cobalah untuk membeli produk makanan utuh, bukan yang sudah dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Misalnya daging ayam, sayuran, hingga buah-buahan.

Bila dirasa terlalu banyak membeli produk makanan segar, Anda masih bisa membekukan makanan-makanan tersebut di dalam freezer. Namun ada beberapa jenis makanan yang tidak direkomendasikan untuk dibekukan antara lain, seledri, selada, mentimun dan bahan-bahan makanan yang memiliki kadar air tinggi.

Pisang merupakan salah satu rekomendasi buah-buahan yang bisa jadi pilihan tepat karena dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Bila terlalu matang, Anda bisa membekukannya lalu diolah menjadi smoothies. Bisa juga diolah menjadi bolu pisang, tinggal intip saja resep hits dari Celebrity Chef Chrissy Teigen.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini