Kunci Mengelola Stres saat WFH dari Psikolog Ratih Ibrahim

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 15 April 2020 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 15 196 2199434 kunci-mengelola-stres-saat-wfh-dari-psikolog-ratih-ibrahim-hQ32HvF9I1.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Pandemi COVID-19 seperti mengubah kehidupan semua orang. Seperti yang biasanya bekerja ke luar rumah, kini harus work from home (WFH) untuk mengurangi risiko penularan COVID-19.

Sebagai mahluk sosial, situasi menjalankan WFH bisa memicu stres bagi sebagian orang. Tapi, sebelum menyalahkan keadaan, tahukah Anda terkadang stres yang melanda penyebabnya bisa datang dari diri sendiri?

Psikolog klinis Ratih Ibrahim S.Psi., M.M., mengatakan, diri sendiri terkadang tidak sadar telah bersikap berlebihan dalam merespon sesuatu.

“Kita ini kadang suka lebay, misalnya dulu ngantor suka minta libur nah sekarang sudah kejadian kan. Kita ini memang sering tidak realistis mengharapkan hal-hal yang enggak kita dapatkan. Don’t cursed yourself, berpikir positif dan tetap aware,” ujar Ratih, dalam tayangan live Okezone Stories, “Lebih Dekat dengan Keluarga Saat Pandemi Corona”, Rabu (15/4/2020).

WFH

Lebih lanjut, Ratih menyebutkan bahwa realistis agar bisa lebih menerima keadaan hingga akhirnya mau bersyukur adalah kunci mengelola stres karena WFH. Hal ini agar seseorang tidak terpuruk oleh pikiran diri sendiri.

Menurutnya, selalu ada berkah yang indah di balik semua hal dan tidak ada yang abadi di kehidupan ini, termasuk musibah. Sadar atau tidak kita menjadi memiliki waktu lebih perhatian kepada pasangan di rumah yang mungkin sebelumnya tidak sempat dilakukan.

“Sebetulnya ada banyak berkah juga karena kita di rumah saja, WFH ini. Contohnya bisa jadi lebih mengamati dan menghargai kebersamaan dengan pasangan. Realistis dan syukuri semua yang ada. Sebetulnya mau bergaul sama teman-teman ya kan bisa, manfaatkan teknologi, janjian saja bareng-bareng. Dibawa asyik saja,” imbuhnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini