6 Tips Produktif dan Anti-Stres Selama WFH

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 16 April 2020 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 15 196 2199680 6-tips-produktif-dan-anti-stres-selama-wfh-6FpEBL6ewf.jpg Ilustrasi (Foto : Healthline)

Memisahkan diri dari keramaian jadi langkah antisipasi di tengah merebaknya COVID-19. Apalagi penyebaran COVID-19 yang masif, membuat banyak perusahaan menerapkan skema kerja Work From Home (WFH). Harapannya karyawan tetap produktif walau #dirumahaja.

Bagi sebagian orang bisa WFH adalah sesuatu yang diimpikan. Sepertinya asyik kerja di rumah, tidak perlu memakai baju rapih layaknya ke kantor. Buat kamu yang tidak terbiasa mungkin WFH malah jadi tantangan tersendiri. Gimana caranya nggak ke-distract dengan segala godaan yang ada.

Berikut ini 5 tips simpel tetap produktif saat harus WFH. Yuk, disimak! Seperti dikutip dari siaran pers Eraspace yang diterima Okezone, Kamis (16/4/2020).

Bangun dan langsung mandi

Bangun Tidur

Bukan karena work from home kamu malah malas-malasan! Ingat, H-nya itu home bukan holiday. Jadi lakukan aktivitas yang mestinya kamu lakukan saat harus ke kantor. Bangun tidur jangan langsung buka laptop! Karena langsung lihat kerjaan ketika bangun tidur bakalan bikin pusing.

Melansir hasill penelitian yang ditulis Insider, mandi setelah bangun tidur membuat perasaan lebih semangat. Sehingga kamu punya mindset untuk bersemangat saat bekerja. Kalau kamu nggak biasa mandi pagi, coba terapkan kebiasaan ini. Mandi pagi juga membuatmu lebih segar saat dikejar aktivitas yang padat. Jangan lupa sarapan juga supaya konsentrasi selama kerja bisa terjaga!

Jangan kerja di kasur!

WFH

BIG NO! Ini pantangan banget. Setiap orang mungkin bisa kuat dengan godaan apapun, namun tidak dengan godaan kasur. Apalagi buat yang 10 detik cium guling aja ketiduran, jangan pernah kerja di kasur. Sekalipun kamu punya folding table untuk kerja di kasur, jangan lakukan itu. Carilah spot ternyaman dan sebisa mungkin bekerjalah di meja. Biar tidak males-malesan!

Rutin berkomunikasi dengan rekan sekantor

Komunikasi jarak jauh jelas bukan masalah di masa kini. Pastikan kamu berkoordinasi dengan atasan atau rekan kerja channel komunikasi yang sudah disepakati. Terutama kalau mau teleconference ketika dibutuhkan.

Banyak banget pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan. Mulai dari Whatsapp call, Google Hangout, Skype, etc. Supaya komunikasi lancar, kamu bisa menggunakan headaset atau earphone wireless seperti Airpods Pro True Wireless Stereo (TWS) dari Apple. Salah satu fungsi utama dari alat ini adalah untuk meredam suara bising yang ada di sekitar. Alhasil, kamu bisa jadi lebih fokus bekerja.

Jangan lupa istirahat!

Semangat boleh, tapi jangan lupa istirahat ya, Okezoners! Tentukan waktu istirahat untuk rehat sejenak dari tuntutan pekerjaan. Sambil makan siang, main game bentar, atau nonton drama korea favourite kamu di Netflix di iPad atau tablet kamu.

Selesai kerja, Sempatkan Olahraga

Olahraga

Keadaan terpaksa di rumah mungkin bikin kamu nggak bisa berolahraga outdoor seperti running, futsal, basket, atau jenis olahraga luar ruang lainnya. Tapi di rumah aja kamu bisa olahraga, lho. Kamu bisa sit up, pull up, yoga, gym, treadmill, atau renang.

Supaya olahragamu dapat terhitung, kamu bisa menggunakan smartwatch Garmin Venu. Teknologi smartwatch dapat merekam 15 aktivitas olahraga. Mulai dari running, gym, renang, yoga, dan masih banyak lagi. Selain itu smartwatch juga memiliki fitur stress tracking yang dapat mendeteksi beban fisik atau emosional dari aktivitas sepanjang hari.

Lakukan kegiatan baru

Work from home memungkinkan kamu mengatur waktu lebih fleksibel. Nggak cuma kerja, sebenarnya kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru lain di rumah. Cobalah mengerjakan sesuatu di luar zona nyaman. Misalnya memasak, berolahraga, atau menata kembali ruang di rumah yang berantakan. Abadikan aktivitas seru di rumah dengan GoPro HERO8 Black. Fitur HyperSmooth yang menjadi keunggulannya, sehingga merekam momen yang memacu adrenaline akan lebih smooth.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini