Mengenal Rapid Test, Alat Untuk Mengukur Antibodi Manusia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 15 April 2020 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 15 481 2199457 mengenal-rapid-test-alat-untuk-mengukur-antibodi-manusia-vxwjnLxpFo.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

COVID-19 mungkin menjadi penyakit yang paling ditakuti masyarakat di seluruh dunia saat ini. Tak sedikit masyarakat yang memeriksakan diri ke rumah sakit untuk mengetahui apakah dirinya terbebas dari COVID-19.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk melakukan tes COVID-19. Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Prof. drh. Wiku Adisasmito, MSc. Ph.D. mengatakan pengujian bisa dimulai dengan tes laboratorium dan darah atau rontgen di rumah sakit.

Meski demikian ada alternatif lain yang lebih cepat dan paling sering digunakan saat ini. Salah satunya adalah melakukan skrining menggunakan Rapid Test (RT). Pemeriksaan RT untuk COVID-19 ini terbagi menjadi dua jenis.

“Untuk COVID-19 ada dua jenis RT. Satu untuk mengukur antibodi dan satu lagi untuk mengukur antigennya. Tapi hampir semua RT yang digunakan untuk mengukur antibodi,” terang drh. Wiku dalam siaran langsung COVID-19 di kantor Graha BNPB, Rabu (15/4/2020).

Wiku

Dokter Wiku menjelaskan fungsi RT antibodi sangat efektif dipakai kalau dalam tubuh sudah ada antibodi. Kalau sudah ada antibodi, sudah ada gejalanya. Gejala adalah reaksi tubuh melawan virus. Antibodi yang akan diukur RT.

“Antibodi muncul selama tujuh hari. Ini artinya kalau mengukur di waktu yang salah, nggak keluar hasilnya. Rapid Test ini juga harus digunakan di waktu yang tepat,” lanjutnya.

Lebih lanjut pemeriksaan ini harus dilakukan oleh petugas kesehatan. Pasalnya pemeriksaan RT berisiko menularkan virus saat pengambilan darah. Dokter Wiku juga mengatakan tingkat akurasi RT ditentukan dari kualitas alat itu sendiri.

“Kalau alat tes yang digunakan berkualitas, maka hasil pemeriksaan bisa saja akurat. Tapi kalau alatnya jelek, bisa saja hasilnya negatif,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini