Hati-Hati, Perempuan Tak Boleh Terpapar Sinar Matahari Terlalu Lama Loh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 15 April 2020 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 15 612 2199537 hati-hati-perempuan-tak-boleh-terpapar-sinar-matahari-terlalu-lama-loh-RJI7yHuRaG.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memang banyak orang yang tiba-tiba suka berjemur sinar matahari pagi. Tapi, jangan sampai terlalu lama berjemur sinar matahari ya.

Pasalnya, paparan sinar matahari bisa menyebabkan bahaya pada kulit. Hal itu bisa mengakibatkan rusaknya kolagen sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dermatologist Dr Melyawati Hermawan menyebutkan, saat kulit terlalu sering terkena paparan sinar matahari, dampaknya bisa membuat cepat mengalami penuaan. Karenanya, hal itu terjadi akibat paparan sinar ultraviolet yang berlebihan.

"Secara natural kulit perempuan mengalami penuaan saat bertambah usia. Namun, kalau terlalu sering, bisa mengalami penuaan dini," ujar Dr Mely.

berjemur

Paparan sinar matahari tersebut juga dapat menyebabkan produksi melanin berlebihan. Juga, dengan adanya tambahan distribusi melanosit yang tidak merata

Jika perempuan mengalami penuaan dini, akibatnya dapat mengalami tanda-tanda yang membuat kulit wajahnya tidak cantik. Kulit akan gampang kusam, tidak cerah, terasa tambah kasar dan ada sejumlah tanda lainnya yang harus diwaspadai.

Nah, agar mendapatkan banyak asupan Ultraviolet B (UVB dan Ultraviolet A (UVA) yang seimbang. Beberapa ahli kulit percaya bahwa, selama Anda tidak memiliki komplikasi dengan paparan sinar matahari yang biasa, Anda dapat berjemur tanpa tabir surya hingga 20 menit setiap hari.

Tidak cuma itu, Anda juga mudah mengalami noda hitam di wajah, flek, hingga adanya garis halus. Secara alami hal ini terjadi, tapi biasanya dialami oleh perempuan berusia 40 tahun ke atas.

Saat kulit mengalami penuaan, kulit juga tidak bisa lagi memproduksi kolagen sehat. Padahal perempuan sangat membutuhkannya agar tampil awet muda dan tetap cantik.

Maka, menurut Dr Mely, sejak muda perempuan harus rajin melakukan perawatan kulit sesuai dengan prosedurnya. Anda bisa mulai melakukannya sejak pertengahan usia 20 tahunan.

Langkah merawat kulit agar lebih sehat juga harus rutin dilakukan sejak remaja. Lalu, rangkaian produk kosmetiknya pun berbeda-beda agar lebih aman. "Selain itu, kulit harus kurang-kurangi terkena paparan sinar matahari kalau ingin tetap cantik dan awet muda," tukas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini