Jadikan Liburan Kamu Produktif dengan Hal Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 16 April 2020 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 16 406 2200086 jadikan-liburan-kamu-produktif-dengan-hal-ini-945mTzIeA6.jpg Ilustrasi (Foto: Istimewa)

SERIUS dan gigih dalam #KejarMimpi bukan berarti nggak ada libur kan. Hari Libur atau libur panjang pasti sangat ditunggu-tunggu dari anak sekolah hingga karyawan. Untuk itu banyak orang yang sudah mempersiapkan semuanya dari jauh-jauh hari, mulai dari mengajukan cuti jauh-jauh hari sampai berusaha keras menyelesaikan pekerjaan sebelum libur tiba.

Hari libur sebaiknya tidak selalu kita habiskan dengan bermalas-malasan. Yang ada malah liburan kita berlalu tanpa ada bekasnya. Padahal, kita bisa memanfaatkan waktu libur untuk melakukan kegiatan yang lebih produktif dan berdampak positif bagi hidupmu.

Daripada leha-leha atau bermalas-malasan dirumah seperti banyak tanpa kita sangkal atau tanpa kamu sadari ketika libur kebiasaan tak bermanfaat dan terus berulang di hari libur seperti bangun siang hari, duduk di sofa seharian sambil menonton televisi, main games atau berselancar di dunia maya sehari mau makan tinggal telpon jasa antar makanan, eh…tiba-tiba hari libur sudah mau berakhir dan yang bisa kamu lakukan hanya mengeluh.

Itu semua karena kita tidak bijak dalam memanfaatkan waktu libur yang sebetulnya bisa dipergunakan untuk melakukan kegitan yang lebih produktif, dan pastinya juga akan membawa dampak positif bagi gaya hidup kita.

Namun, hal itu bukan lagi masalah, #KejarMimpi Lifestyle mengajakmu untuk untuk tetap produktif saat liburan:

1. Membuat To-Do-List

Kegiatan ini akan membantu kita menyusun jadwal selama satu minggu kedepan agar menjadi lebih teratur dan tertata untuk mencapai tujuan kita. Tidak hanya jadwal kegiatan, kita juga bisa membuat daftar menu yang akan dikonsumsi selama seminggu kedepan untuk menyeimbangkan diet, dan menentukan daftar belanja mingguan.

Buat jadwal yang jelas soal kegiatan yang akan dilakukan saat liburan. Misal Kamu bisa pergi ke panti asuhan, panti jompo, lokasi anak jalanan, dan yayasan sosial lainnya untuk menghibur atau menyumbang sebagian uang kita. Atau melakukan kegiatan bermanfaat lainnya seperti berolahraga, membaca buku, dan lain-lainya.

2.Melakukan Hobi

Manfaatkan hari libur untuk melatih keterampilan yang jadi hobimu. Misalnya hunting foto dengan teman-teman komunitas fotografer, melatih skill memasak, atau sekedar berkebun untuk membuat pikiran kita kembali segar.

3.Membersihkan Rumah atau Kamar

Kita bisa memanfaatkan waktu libur dengan membereskan kamar. Kita juga bisa menata ulang kamar kita agar tidak membosankan. Siapa tahu, suasana baru di kamar akan membuat kita lebih bersemangat dan ide-ide segar bisa bermunculan.

4. Belanja Keperluan Pribadi

Pergi berbelanja untuk kebutuhan semunggu atau sebulan juga bisa jadi pilihan aktivitas saat hari libur tiba. Jangan lupa untuk menyusun daftar belanjaan agar tidak ada barang-barang yang terlewat untuk dibeli.

5.Mengikuti Kursus atau Les

Nggak ada salahnya kita ikut kursus atau les untuk mengembangkan kemampuan kita. Pilihlah kursus atau les yang jadi minat sehingga kita tidak merasa terpaksa menjalaninya. Banyak pilihan, mulai les bahasa, musik, atau kursus keterampilan tertentu lainnya.

6. Jaga Kesahatan dengan Olahraga

Sibuknya pekerjaan terkadang membuat kamu lupa untuk berolahraga, apalagi setelah seharian di depan komputer, akibatnya, tak jarang seluruh tubuh terasa lelah dan pegal. Meskipun saat pulang kerja tubuh terasa lelah, tapi tentu rasa lelah ini tidak bisa disamakan dengan olahraga. Makanya ketika hari libur, gunakan hari libur kamu untuk berolahraga. Kamu bisa jogging  atau bersepeda keliling kompleks.

Sering bepergian, khususnya terbang jauh, bisa membuat sistem kekebalan tubuh rentan terhadap penyakit. Cobalah tetap menjaga kesehatan untuk memaksimalkan tingkat produktivitas Anda. Jika merasa penat terbang dan tak bisa tidur, beberapa gerakan olahraga bisa membantu mengatasinya.

Lalu ketika makan, mungkin lebih mudah memesan makanan cepat saji saat liburan, tapi itu bisa membuat perut terasa kembung dan cepat lelah. Pilihlah camilan dan makanan yang sehat, minum banyak air untuk mencegah dehidrasi. Hindari kafein, alkohol, dan tembakau yang berlebihan. Hal itu bisa membuat Anda merasa cepat lesu.

7. Menenangkan pikiran

Kebayang kan gimana serunya kegiatan yang satu ini? Kita semua pasti suka banget sama yang namanya ‘kumpul keluarga’ atau hangout bareng teman-teman. Ada berbagai kegiatan yang bisa kita lakukan seperti main game outdoor, masak bareng, belanja bareng, dan masih banyak lagi. (cm)

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini