Studi Terbaru Sebut Virus Corona Bisa Menempel di Sepatu

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 16 April 2020 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 16 481 2200342 studi-terbaru-sebut-virus-corona-bisa-menempel-di-sepatu-snKmooxwtQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SATU studi baru menunjukkan bahwa virus corona COVID-19 dapat terdeteksi di sol sepatu tenaga medis. Dengan begitu, tenaga medis pun diminta sangat waspada, bila menangani pasien positif corona COVID-19.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika, virus corona terdapat pada sol sepatu para tenaga kesehatan, sebagaimana dikutip Fox10phoenix, Kamis (16/4/2020).

dokter

Pengujian pun dilakukan pada sol sepatu yang digunakan oleh para tenaga medis yang berjaga di Intensive Unit Care (ICU). Hasilnya, dikatakan setengah dari sampel yang diambil dari sol sepatu staf medis, yang bertugas di ICU menunjukkan hasil positif.

“Setengah dari sampel dari sol sepatu staf medis ICU yang diuji hasilnya positif," kata para peneliti.

Oleh karena itu, sol sepatu staf medis bisa dikatakan sebagai pembawa virus. Untuk itu, sebelum keluar bangsal rumah sakit, sebaiknya sepatu disemprot disinfektan terlebih dahulu.

"Kami sangat merekomendasikan agar orang mendisinfeksi terlebih dahulu sol sepatu, sebelum keluar dari bangsal yang ditempati pasien COVID-19,” sambung para peneliti.

Disebutkan lebih lanjut, para peneliti juga menemukan bahwa virus corona tersebut tersebar luar menyebar di lantai, mouse komputer, tempat sampah, hingga handrail gagang peyangga kasur rumah sakit.

dokter

Untuk mengonfirmasi lebih lanjut tentang penelitian di atas, FOX News menyebutkan telah menghubungi pihak CDC dengan mengajukan permintaan meminta komentar lebih lanjut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini