6 Tata Cara Mencuci Sayur yang Tepat

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 17 April 2020 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 17 298 2200611 6-tata-cara-mencuci-sayur-yang-tepat-QT7amBcczx.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi agar tetap sehat adalah sayur-sayuran. Dalam mengonsumsi sayuran setiap hari, tapi apakah cara mencuci sayur yang kita lakukan sudah tepat?

Sebab ternyata beda jenis sayur, maka berbeda pula loh cara mencucinya. Seperti apa cara mencuci sayur yang tepat sesuai jenisnya? Yuk simak uraiannya berikut ini.

1. No soap

Aturan pertama dalam mencuci sayur-sayuran atau buah adalah tidak perlu menggunakan sabun. Jangan gunakan sabun atau produk pembersih rumah tangga lainnya untuk membersihkan sayur-sayuran ataupun buah.

Cuci Sayur

2. Sayuran hijau

Dedaunan atau sayur-sayuran hijau harus dicuci dengan cara direndam. Isi mangkuk besar dengan air dan rendam sayuran di dalamnya. Kibas-kibas atau ayunkan sayuran, diamkan sebentar agar pasir bisa jatuh ke dalam mangkuk, lalu angkat sayuran ke saringan. Jika sayurannya benar-benar berpasir, ulangi lagi proses perendaman tapi bilas mangkuk terlebih dahulu. Setelah direndam kembali, cuci di bawah air mengalir.

3. Sayuran berakar

Sayuran yang memiliki akar seperti wortel, karena tumbuh di tanah, seringkali sangat kotor. Cara membersihkannya, yakni dengan menggosoknya di bawah air mengalir dengan sikat sayur. Jika tidak punya sikat khusus untuk sayur, kita bisa memggosoknya memakai jari-jari tangan untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

4. Jamur

Mencuci jamur mudah saja, cukup dicuci di bawah air yang mengalir kencang sehingga seperti disemprot langsung. Diayunkan, dikibas-kibas saat dicuci. Jika masih ada gumpalan kotoran yang tersisa pada jamur, cabut dan bilas langsung. Setelah dibilas, taruh jamur di atas paper towel atau lap dapur yang bersih agar benar-benar kering sempurna.

5. Sayuran yang agak keras

Misalnya kacang panjang, buncis, asparagus, mentimun cuci dengan cara dibilas di bawah aliran air yang kencang sambil digosok dengan tangan. Lalu biarkan kering dengan sendirinya.

Cuci Buah

6. Sayuran lembek

Untuk sayuran yang lembut dan rapuh teksturnya seperti tomat, cuci dan bilas di bawah aliran air mengalir yang tidak terlalu deras dan juga tidak terlalu pelan. Air yang stabil tapi bertekanan rendah, putar-putar sayuran dengan lembut dengan tangan untuk memastikan semua sisi sayuran telah dibilas tetapi tidak memar. Setelah dibilas, keringkan dengan cara dibentangkan di atas lap dapur bersih atau paper towel sehingga sayuran bisa kering agar tidak hancur. Demikian seperti diwarta Latimes, Jumat (17/4/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini