Baru Pertama Kali Gunakan Skincare? Ini Tips Pilih yang Cocok

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 17 April 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 17 611 2200726 baru-pertama-kali-gunakan-skincare-ini-tips-pilih-yang-cocok-AqpY0cirwr.jpg Ilustrasi. (Foto: Alliance)

SELAMA di rumah saja, kamu pasti ingin memanjakan diri dengan merawat kulit. Alhasil, banyak pemula yang mencoba menggunakan skincare, namun belum mengerti cara memilihnya yang tepat.

Memilih skincare itu tidak sembarangan loh, Ladies. Karena pasti ada efeknya langsung ke kulitmu, sehingga harus dipastikan semuanya aman.

Selain itu, banyak produk skincare dengan iming-iming manfaat menggiurkan juga banyak ditemui di situs belanja daring. Padahal belum tentu produknya aman teruji klinis dan justru membuat kulit jadi tidak sehat. 

Lalu bagaimana tips memilih skincare yang cocok di kulit, khususnya buat pemula ya? Aesthetic Doctor lulusan ‍American Academy Aesthetic Medicine dr Oky Pratama Dipl AAAM akan menjelaskan lebih lanjut. Seperti apa?

Aman dan nyaman dipakai

micellar

Menggunakan skincare yang pertama kuncinya adalah harus nyaman dipakai. Tak sedikit produk skincare yang kurang cocok di kulit, misalnya kulit menjadi lebih kering setelah memakai skincare atau malah menjadi gatal. 

Misalnya saja menggunakan micellar water. Produk ini biasanya dipakai double cleansing, namun tidak semua perempuan melalukannya dengan benar. Ketika prosedurnya tepat, kata Dokter Oky, wajah terhindar dari beruntus atau komedo.

"Jadi sebelum cuci muka, disarankan lakukan double cleansing terlebih dahulu menggunakan produk ini agar kotoran, debu ataupun makeup terangkat sampai pori. Setelah itu dilanjutkan cuci muka dengan facial wash," tuturnya lewat Instagram pribadi @dr.okypratamaa.

Dokter Oky juga menyarankan, saat memilih micellar water, lebih baik sekali usap dan cocok untuk semua jenis kulit ya. Agar kulit semakin lembap, pilih produk yang diperkaya kandungan Oxy juga herbal, seperti Habbatussauda. 

Lulus uji BPOM dan klinis

Menurut dokter yang melebarkan bisnis kecantikan sejak 2016 ini, saat Ladies memilih produk kecantikan, baik itu makeup atau skincare, seluruhnya harus lulus uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan teruji klinis di laboratorium. 

Produk kecantikan harus diawasi dokter

dr oky

Jika membeli skincare, sebaiknya juga diawasi dokter serta apoteker, yang terdaftar dan terakreditasi. Kalau sembarangan sudah jelas ada efek buruk untuk kulit, apalagi kalau harganya murah. 

Produk skincare apa yang laku di pasaran saat ini?

Diakui dokter yang memulai bisnis kecantikan di Jambi hingga Jakarta ini, tak sedikit oramg memburu skincare yang fungsinya untuk mencerahkan kulit wajah. 

"Sekarang ini, produk untuk mencerahkan kulit tubuh juga banyak dibeli orang," ujar pemilik Bening's Skincare yang punya cabang di 6 kota Indonesia ini.

Ada juga yang mencari produk untuk mengatasi permasalahan jerawat dan mengatasi permasalahan hiperpigmentasi (flek/melasma). Apakah kamu termasuk?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini