Viral Aksi Warga Mamuju Beri Semangat Pasien COVID-19 yang Dibawa Ambulance

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 17 April 2020 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 17 612 2200706 viral-aksi-warga-mamuju-beri-semangat-pasien-covid-19-yang-dibawa-ambulance-WCR1N2BqSy.jpg Aksi warga Mamuju beri dukungan kepada pasien COVID-19 (Foto : @kirekswasta/Twitter)

Stigma negatif ke pasien atau jenazah terduga COVID-19 pernah terjadi di negara ini. Tapi, perilaku semacam itu telah dikecam banyak pihak.

Masyarakat kini diminta untuk tidak memberikan stigma tersebut dan itu yang sepertinya dilakukan warga Mamuju, Sulawesi Barat. Di sini, warga bukannya melempari petugas kesehatan dengan batu atau mengasingkan pasien dari sosial, mereka malah memberi dukungan luar biasa.

Aksi mereka terekam kamera dan melalui akun Twitter @kirekswasta, video berdurasi 21 detik tersebut kini viral di media sosial. Dapat dilihat, para warga memberikan tepuk tangan ke arah mobilĀ  ambulance yang membawa pasien COVID-19. Menurut keterangan video, pasien COVID-19 tersebut dijemput petugas medis.

Nah, setelah mobil itu keluar dari halaman rumah, para tetangga yang sudah berkumpul di depan jalan langsung memberi tepuk tangan dan semangat. Aksi ini membuat haru media sosial di tengah masih adanya aksi pemberian stigma pada pasien COVID-19 atau tenaga medis.

"Terharu lihat ini. Kejadian di Mamuju, seorang warga positif COVID-19 dijemput tim medis dan dilepas oleh tetangganya dengan teriakan semangat dan tepuk tangan," tulis akun tersebut.

Video ini dibagikan pada 14 April 2020. Hingga sekarang, sudah ada 279,2 ribu netizen yang menonton aksi luar biasa ini. Reaksi netizen pun besar sekali, ada 20,7 ribu netizen menyukai video tersebut dan dibagikan ulang sebanyal 10,1 ribu kali.

Komentar netizen yang melihat aksi ini pun sangat positif dan berharap semua orang bisa mengambil contoh dari apa yang dilakukan warga Mamuju ini.

"Ini baru keren! Dukungan seperti ini dibutuhkan agar dapat meningkatkan imun tubuh pasien COVID-19 biar cepet sembuh melawan penyakitnya. Terima kasih atas support-nya," tulis @alea****.

"Semoga diikuti daerah lain," kata @ro******99.

"Terima kasih warga Mamuju. Semoga Anda semua sehat selalu dan menginspirasi warga di wilayah lainnya di Indonesia," komen @CahBagu*****627.

"Kok hati ini ingin menangis, ya, melihatnya. Semangat yang lagi berjuang melawan COVID-19," ungkap @rahmaaa***.

"Mata langsung sembab melihat ini," cuit @masv****.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini