5 Tips agar Anak Tak Malas Sarapan Saat Belajar di Rumah

Sabtu 18 April 2020 06:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 18 481 2201063 5-tips-agar-anak-tak-malas-sarapan-saat-belajar-di-rumah-jV6UdDSnJZ.jpg ilustrasi: shutterstock

PANDEMI virus corona (COVID-19), membuat pemerintah menerapkan peraturan yang mewajibkan siswa untuk belajar di rumah. Peraturan tersebut akan mempengaruhi aktivitas para orangtua siswa di rumah, karena harus mendampingi buah hatinya saat kegiatan belajar mengajar.

Selain itu juga terdampak terhadap kebiasan anak-anak saat sarapan. Supaya tidak menurunkan konsentrasi belajar anak, Ketua PERGIZI Pangan Indonesia Hardinsyah, membagikan lima tips yang bisa ditiru agar si kecil tidak malas sarapan. Berikut rangkumannya yang ditulis Okezone, beberapa waktu lalu.

Biasakan si kecil tidak tidur larut malam

Orangtua harus membiasakan anak tidur paling lambat pukul 21.00. Jangan biasakan mereka begadang, karena bisa membuatnya sulit dan malas bangun pagi.

Anak tidak makan sebelum tidur malam

Sebelum tidur malam jangan berikan anak makan berat atau camilan. Paginya saat tidur anak akan tidak terasa lapar. Karena itu anak jadi malas sarapan yang bisa berdampak buruk.

Bangunkan anak satu jam sebelum beraktivitas

Idealnya, anak dibangunkan sekira satu jam sebelum dia melakukan aktivitas belajar di rumah.

Buat menu sarapan yang menarik

Sajikan beragam menu sarapan yang menarik di pagi hari.Yang pasti anak-anak tidak menolak untuk sarapan bersama anggota keluarga lain. Misalnya, buatlah setangkup sandwich, berikan bubur ayam, nasi goreng sayur, telur rebus, sereal susu dan buah, dan beragam menu sehat lainnya.

Berikan contoh baik pada anak

Bagaimanapun orangtua jadi cerminan anak dalam melakukan segala aktivitasnya. Setiap pagi ayah atau ibu harus terbiasa sarapan. Ajak si kecil dengan cara menyenangkan. Jangan tiba-tiba memaksanya agar dia tidak marah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini