Tips Menjaga Hewan Peliharaan di Tengah Pandemi COVID-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 18 April 2020 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 18 481 2201144 tips-menjaga-hewan-peliharaan-di-tengah-pandemi-covid-19-60g60pIus0.jpeg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

PANDEMI virus corona (COVID-19) tidak hanya menyerang manusia, hewan pun bisa terkena dampak dari penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini.

Pusat Pengendalian Penyakit Menular di Amerika Serikat (CDC), telah mendapat laporan harimau di Kebun Binatang New York terifeksi corona. Meski begitu belum ada laporan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing terkena virus tersebut.

Lebih lanjut CDC menyatatakan virus corona menyebar dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan dari batuk, bersin, atau semburan air dari mulut saat berbicara. Studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang terinfeksi namun tidak memiliki gejala kemungkinan berperan dalam penyebaran wabah penyakit ini.

Namun hingga sekarang belum ada bukti hewan peliharaan atau harimau dapat menyebarkan virus corona kepada manusia. Tidak ada juga bukti yang menunjukkan kemungkinan hewan sebagai menjadi sumber infeksi corona di Amerika Serikat.

Dikutip dari laman CDC pada Sabtu (18/4/2020), kasus pertama hewan yang dinyatakan positif terkena corona di AS adalah hanya satu harimau, dan sampel hewan tersebut pun sudah diambil untuk diuji.

Pengujian dilakukan setelah beberapa singa dan harimau di kebun binatang itu menunjukkan tanda-tanda penyakit pernapasan. Saat ini investigasi sedang berlangsung. Para peneliti masih mempelajari apakah virus ini adalah zoonosis dan dapat menyebar dari manusia ke hewan.

Lalu apa yang bisa dilakukan masyarakat pemilik hewan peliharaan sebagai antisipasi penularan corona ke hewan kesayangan?

Sambil menunggu hasil penelitian tentang pengaruh corona ke hewan dan dari hewan ke orang, maka sebaiknya perlakukan peliharaan Anda layaknya anggota keluarga di rumah. Lebih rinci tipsnya sebagai berikut:

1.Jangan biarkan hewan peliharaan berinteraksi dengan orang atau hewan lain di luar rumah.

2.Simpan hewan perliharaan di dalam rumah jika memungkinkan untuk mencegah mereka berinteraksi dengan hewan atau manusia lain.

3.Jika keluar rumah bersama anjing, berjalanlah dengan tali penuntun, dan menjaga jarak setidaknya dua meter dari manusia dan hewan lain.

4.Hindari taman anjing atau tempat umum di mana banyak orang dan anjing berkumpul.

5. Berkonsultasi lah dengan dokter hewan jika peliharaan Anda sakit atau khawatir tentang kesehatannya.

6. Jika Anda terinfeksi COVID-19 maka batasi kontak dengan hewan peliharaan, sama seperti yang Anda lakukan kepada orang lain.

7. Jika memungkinkan, minta anggota keluarga yang lain dari rumah Anda untuk merawat hewan peliharaan saat Anda sedang sakit.

8. Hindari kontak dengan hewan peliharaan seperti mengelus, meringkuk, menciumnya.

9. Jika Anda terpaksa harus merawat hewan peliharaan atau berada di dekat binatang saat sakit, maka kenakan kain penutup wajah dan rajin mencuci tangan sebelum dan setelah berinteraksi dengan mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini