Maskerku Melindungimu, Maskermu Melindungiku

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Sabtu 18 April 2020 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 18 481 2201286 maskerku-melindungimu-maskermu-melindungiku-hv7tSOiM6w.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

SELAIN cuci tangan secara rutin, memakai masker merupakan cara untuk melindungi diri dari penularan virus corona. Bahkan menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto, dengan memakai masker maka secara langsung pemakainya juga melindungi orang lain.

Maskerku melindungi kamu, maskermu melindungi aku,” ujarnya sebagaimana dikutip dari laman resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Penggunaan masker berarti seseorang peduli dengan orang lain dan sebaliknya. Karena pada dasarnya, masker digunakan agar droplet atau percikan ludah dari seseorang tidak menyebar ke orang lain.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk mempraktikkan prinsip gotong royong dan tenggang rasa dalam menghadapi bencana nasional wabah COVID-19.

“Hargai dan bantu mereka yang melaksanakan isolasi mandiri, jangan diskriminatif terhadap pasien COVID-19 yang sudah sembuh. Dan kita tidak boleh menolak jenazah yang meinggal akibat penyakit ini,” ujar dia.

Lebih lanjut Yuri meminta masyarakat agar imunitas guna melawan pandemi COVID-1. Caranya yakni makan makanan bergizi, istirharat yang cukup, serta menghindari stres.

Sementara itu masker saat ini menjadi barang yang langka, kalau pun ada harganya sudah melonjak jauh di atas banderol normal. Namun bukan berarti tak harus pakai masker, sebab bisa dibikin sendiri dari kain.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Namun Yuri memperingatkan bahwa masker kain hanya bisa maksimal dipakai 4 jam. "Masker kain penggunaannya tidak lebih dari 4 jam. Kalau mau dicuci harus direndam di dalam air sabun supaya virus atau bakteri yang menempel di permukaan masker kain mati," katanya beberapa waktu lalu.

Hal ini ternyata berkaitan dengan efektivitas masker kain dan juga kebersihan pelindung diri tersebut. Dikatakan Dokter Spesialis Paru Primaya Hospital Bekasi Timur dr Annisa Sutera Insani, SpP, masker kain kalau memang sudah basah, lembap, dan kotor, wajib dicuci.

"Jadi, selama masker kain tidak basah dan masih layak digunakan, ya, gunakan dan 4 jam waktu yang cukup untuk kondisi nyaman tersebut," ucapnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini