Amankah Bermain dengan Hewan Kesayangan di Tengah Wabah Corona?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 18 April 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 18 612 2201179 amankah-bermain-dengan-hewan-kesayangan-di-tengah-wabah-corona-54jh2SCXIw.jpg Ilustrasi. Foto: Pet Web MD

PEMERINTAH telah menerapkan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Tindakan ini diambil sebagai upaya memutus mata rantai penularan virus corona (COVID-19) yang sudah menginfeksi lebih dari 5.000 orang di Indonesia.

Tentunya peraturan PSBB yang diterapkan pemerintah di tengah wabah corona membuat ruang gerak masyarakat menjadi terbatas. Pasalnya mereka diimbau untuk tidak keluar dari rumah maupun berkunjung ke sanak keluarga.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan selama warga di rumah saja? Physical distancing dalam bentuk PSBB merupakan momen yang tepat untuk membagi waktu bersama keluarga.

Lalu amankah bermain bersama hewan kesayangan selama PSBB? Dikutip dari VCA Hospital pada Sabtu (18/4/2020), hingga saat ini tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan seperti kucing bisa menyebarkan virus corona ke hewan lain atau kepada manusia. Karena itu, saat pandemi COVID-19 tidak perlu memisahkan hewan peliharaan satu sama lain.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Bahkan PSBB bisa dimanfaatkan untuk lebih dekat dengan hewan peliharaan. Anda bisa bermain bersama binatang kesayangan sepanjang waktu. Oleh karena itu, selama Anda tidak merasa sakit, manfaatkan waktu ini untuk menyayangi dan bermain bersamanya.

Udara segar dan olahraga akan mengurangi stres dan kecemasan yang mungkin Anda rasakan ketika di rumah saja. Maka ajaklah hewan kesayangan ke pekarangan sambil berolahraga.

Anda juga bisa membawa hewan peliharaan berjalan ke luar rumah namun tidak boleh jauh-jauh, hanya di sekitar tempat tinggal saja. Disarankan untuk menghindari tempat yang ramai seperti taman di kompleks Anda berada. Pilihlah jalan di sekitar rumah yang sepi.

Sementara jika memiliki kucing, temukan cara baru untuk bermain bersama mereka di dalam ruangan. Ada banyak jenis mainan yang tersedia, di antaranya kotak kardus dan kertas baler. Permainan ini akan menjadi sumber hiburan bagi Anda dan kucing peliharaan di rumah.

Membawa hewan peliharaan menuju ke fasilitas penitipan atau klinik hewan juga bisa menjadi opsi alternatif. Tapi Anda harus menghindari kontak dekat dengan karyawan dan klien lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini