6 Tips Memasak bagi Pemula, Serunya Jadi Chef Dadakan di Rumah!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 20 April 2020 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 19 298 2201534 6-tips-memasak-bagi-pemula-serunya-jadi-chef-dadakan-di-rumah-80CKqU6eJ2.jpg Ilustrasi (Foto : Betterhealthkare)

Kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang telah dicanangkan pemerintah Indonesia beberapa waktu lalu, membuat sebagian besar masyarakat Indonesia terpaksa menjalani kegiatan mereka di rumah saja. Kebijakan ini memang sengaja dikeluarkan demi memutus mata rantai penularan pandemi virus corona atau COVID-19.

Namun tak dapat dipungkiri bahwa PSBB juga menimbulkan rasa bosan yang teramat sangat. Untuk mengakalinya, ada beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda jajal. Salah satunya belajar memasak. Saat ini Anda tentu memiliki banyak waktu luang di rumah. Jadi tak ada salahnya memanfaatkan hal tersebut untuk menambah hobi baru. Siapa tau kedepannya Anda bisa merambah bisnis kuliner.

Nah bagi para pemula, ada 6 tips memasak yang perlu Anda ketahui. Tips ini dibagikan langsung oleh para chef profesional, sehingga akan memudahkan Anda dalam meningkatkan kemampuan bermasak. Daripada penasaran, yuk simak ulasannya di bawah ini, seperti dikutip dari WikiHow, Minggu (19/4/2020).

Cari tahu panduan memasak yang aman

Walaupun Anda tidak perlu menggunakan alat pelindung diri (APD) dan sarung tangan khusus saat memasak, ada beberapa peraturan keamanan yang harus diikuti. Misalnya, daging mentah tidak boleh sampai bersentuhan dengan makanan lain, dan selalu bersihkan permukaan meja setelah Anda memasak untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan kontaminasi silang.

Maka dari itu, penting menyiapkan daging secara terpisah dari bahan makanan lain. Artinya, gunakan pisau yang berbeda, talenan yang juga berbeda, bahkan permukaan atau meja yang berbeda. Selain itu, walaupun sayuran dan buah tidak berisiko tinggi seperti halnya daging, Anda harus tetap membersihkan permukaan yang telah bersentuhan dengan bahan tersebut. Keberadaan partikel makanan akan mengundang munculnya jamur atau bakteri yang tidak diinginkan.

Ikuti resep persis seperti yang tertera

Belajar Masak

Bagi para pemula, sangat penting untuk mengiktui seluruh resep persis seperti yang tertulis. Saat memasak, ada banyak reaksi kimia dan interaksi rasa yang akan membuat sebuah hidangan terasa lezat. Sampai Anda benar-benar memahami bagaimana proses kimiawi ini bekerja dan merasa percaya diri mencampur sendiri beragam rasa, ikutilah resep.

Setelah terbiasa, Anda bisa berimprovisasi dan menambah atau mengurangi bahan makanan. Namun, kuasailah dasar-dasarnya terlebih dahulu untuk memperhalus cita rasa di lidah dan mengembangkan insting memasak.

Mulailah dari yang sederhana

Hidangan sarapan biasanya adalah yang tersimpel dan resepnya mudah diikuti. Anda bisa mulai dengan membuat berbagai macam sajian berbahan telur misalnya, lalu lanjut ke panekuk dan wafel, selanjutnya meningkat ke resep yang dipanggang dan yang lebih rumit. Membuat sarapan sendiri juga akan membantu Anda mengembangkan kebiasaan memakan sarapan setiap hari. Kebiasaan ini terbukti berguna untuk mengelola berat badan dan meningkatkan konsentrasi sepanjang hari.

Selain itu, menurut Alex Hong, koki eksekutif Restoran Sorrel di San Francisco, “Saat belajar memasak, Anda harus membangun sebuah fondasi.” Dia mengatakan, “Mulailah dari dasarnya. Pelajari cara membumbui masakan, bisa dimulai dengan mempelajari cara membuat salat dressing yang sempurna. Pelajari pula memanggang ayam yang benar. Anda akan menemukan bahwa teknik-teknik dasar tersebut bisa digunakan untuk melakukan banyak hal lainnya.

Lanjutkan dengan membuat masakan sederhana yang lebih simpel.

Sembari belajar menguasai dasar-dasar memasak, mulailah menambahkan ide tertentu ke masakan yang sederhana, misalnya membuat roti lapis atau sayur kukus. Anda bisa bereksperimen untuk membuat keju panggang misalnya,dengan berbagai jenis keju, buah-buahan, sayuran, dan roti yang berbeda. Untuk membangun kepercayaan diri, berlatihlah membuat hidangan mudah yang lebih disederhanakan, tetapi unik.

Cobalah memasak sup dan semur

Belajar Masak

Sup dan semur adalah masakan berikutnya yang cocok untuk dipraktikkan karena keduanya mudah diikuti dan resepnya simpel dan jelas. Mulailah dengan sesuatu yang sederhana seperti kaldu sayur, dan secara bertahap lanjut ke sup dan semur yang lebih sulit, seperti sup brokoli dan keju.

Sup dan semur adalah pilihan hidangan yang cocok untuk dimasak pada hari-hari ketika Anda tidak memiliki banyak waktu seperti masa karantina saat ini. Anda bisa memasukkan semua bahan ke dalam panci sayur besar, nyalakan panas terkecil, dan diamkan semalaman atau seharian. Saat Anda menengoknya kembali, makan malam sudah akan siap disajikan.

Lanjutkan ke casserole

Setelah merasa nyaman dengan resep sup dan semur sederhana, lanjutkan ke resep casserole. Walaupun lebih sulit dari sup, sarapan, dan sajian seperti roti lapis, casserole masih terbilang antigagal karena tampilannya yang pasti berantakan (karena semua bahannya dicampurkan bersama) dan cita rasanya yang kaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini