Trik Masak dengan Bahan Seadanya Selama Pandemi COVID-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 20 April 2020 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 19 298 2201557 trik-masak-dengan-bahan-seadanya-selama-pandemi-covid-19-9lvmUGakBY.jpg Ilustrasi (Foto : Dailymeal)

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah dicanangkan oleh pemerintah Indonesia. Kebijakan ini dilakukukan untuk membatasi pergerakan masyarakat, demi mencegah dan memutus mata rantai penularan virus corona atau COVID-19.

Alhasil, tak sedikit masyarakat yang mulai merasa bosan hingga kebingungan memilih makanan tepat dan layak konsumsi. Pasalnya, untuk membeli stok bahan makanan pun mereka berpikir dua kali mengingat sudah banyak supermarket dan pasar yang tutup.

Bila sudah demikian, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah membuat masakan dengan bahan yang seadanya. Namun Anda tidak perlu khawatir, Celebrity Chef sekaligus Food Network Personality, Aaron Sanchez membagikan sejumlah tips dan trik mengolah makanan sehat dan super praktis selama pandemi corona COVID-19.

Menurutnya, olahan makanan berkuah bisa menjadi alternatif terbaik bagi mereka yang tengah menjalani isolasi di rumah. Alasannya, hidangan tersebut dapat diolah menggunakan bahan-bahan makanan sederhana yang mungkin saja ada di dalam kulkas rumah Anda.

Masak Sup

"Makanan berkuah merupakan alternatif terbaik. Selain mudah diolah, Anda bisa menggunakan beragam bahan makanan sederhana. Sehingga cocok bagi mereka yang tidak dapat keluar rumah," katanya seperti dikutip Okezone dari Foxnews, Senin (20/4/2020).

Lebih lanjut Sanchez menjelaskan, salah satu rekomendasi hidangannya adalah olahan sup dengan bahan-bahan yang terdiri dari potongan sayuran segar, daging sapi atau ayam.

"Kenapa sup? Selain mengandung banyak nutrisi. Rasanya akan semakin enak setelah disimpan beberapa hari," tambah Sanchez.

Tips selanjutnya adalah menyiapkan wadah khusus untuk menyimpan sup. Pilihlah wadah kedap air dan udara yang dapat disimpan di dalam freezer. Cara ini sangat efisien untuk memastikan persediaan makanan selama pandemi COVID-19 berlangsung.

Sanchez menambahkan, dia tidak menentang konsep perencanaan makanan yang kerap dilakukan para pelaku diet sehat. Dia mengaku hanya tertarik melalukan hal tersebut bila memang sedang ngidam suatu makanan.

"Tidak apa-apa bila ingin membuat perencanaan makanan, tapi pastikan Anda mendapatkan bahan-bahannya. Lagi pula ini adalah waktu yang tepat untuk belajar memasak. Ambil lah buku resep dan bersenang-senang lah," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini