6 Tips Potong Poni Rambut Sendiri di Rumah dari Hairstylist

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 19 April 2020 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 19 611 2201487 6-tips-potong-poni-rambut-sendiri-di-rumah-dari-hairstylist-uubODZybbC.jpg Potong poni sendiri di rumah (Foto : Bostonmagazine)

Karantina mandiri di rumah mulai menimbulkan dilema bagi sebagian orang. Dilema baru tersebut adalah soal poni rambut.

Banyak perempuan yang merasa perlu atau ingin potong poni tapi khawatir jika pergi ke salon. Akhirnya memilih untuk mencoba memotong poni sendiri di rumah.

Poni adalah bagian krusial rambut yang sangat memengaruhi tampilan keseluruhan rambut. Agar tak salah potong poni, simak dulu yuk ulasan enam tips memotong poni sendiri di rumah dari Aar, hairstylist Aar Yazuar Hair & Beauty Salon, di bawah ini :

Potong Poni

1. Rambut basah

Memotong rambut, termasuk bagian poni dalam keadaan basah disarankan Aar sebaiknya hanya dilakukan oleh orang yang sudah terbiasa memotong poni sendiri atau memang ahlinya. Sebab, rambut pada kondisi basah berbeda pada saat kering, si pemotong harus tahu hasilnya setelah rambut itu dikeringkan atau di-styling (hasilnya), terutama untuk rambut yang bergelombang atau keriting.

2. Kering lebih mudah

Rambut poni yang kering jadi lebih mudah, karena rambut dalam kondisi kering akan lebih mudah mengukur kepadatan dan banyaknya poni yang diinginkan. Potong poni sendiri disarankan dalam keadaan rambut yang kering, lebih baik dan aman hasilnya.

3. Diberi jarak

Aar menyebutkan, ketika memulai memotong poni maka wajib ada spare atau jarak. Contohnya, pendek poni yang diinginkan pas ukurannya sejajar dengan alis. Tetapi potonglah poni dengan dimulai harus sejajar dengan kelopak mata atau tulang pangkal hidung.

4. Buat partingan

Ukuran terbaiknya atau partingan atau bagian yang ingin dipotong, dibagi mulai diukur dengan satu atau dua ruas jari orang yang memotong rambut itu sendiri, tempatkan ruas jari di atas kening tepat di bagian garis awal pertumbuhan rambut.

5. Tidak pakai gunting tumpul

Hindari memotong poni menggunakan ujung gunting yang tumpul. Selain itu, usahakan jangan nekat potong poni sendiri jika tidak kenal tekstur rambut sendiri.

6. Hindari celah rambut

Menghindari ada celah di bagian parting (rambut yang dibagi), triknya ialah dengan melebihkan partingan pada bagian poni yang diinginkan. Biasanya celah rambut itu terjadi karena tekstur pertumbuhan rambut yang membelah ke kanan dan ke kiri. Solusinya, disatukan dan di-twist serta dijepit menggunakan jepit kecil sehingga menyatu sebelum ditata. Bisa juga dengan cara, ambil bagian poni yang bercelah dan di-roll dengan roll velcro berbentuk bulat atau langsung dicatok.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini