Selain COVID-19, Ini 4 Penyakit yang Dicegah dengan Cuci Tangan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 20 April 2020 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 20 481 2202104 selain-covid-19-ini-4-penyakit-yang-dicegah-dengan-cuci-tangan-rfy1ooIqn7.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENCEGAH virus corona COVID-19 bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, dan rajin mencuci tangan. Meskipun nampak seperti kebiasaan sederhana, tetapi banyak orang kerap mengabaikannya.

Padahal, bukan hanya saat pandemi corona COVID-19 saja kita rajin mencuci tangan, tetapi jika pandemi sudah berakhir. Pasalnya, ada empat penyakit yang bisa dicegah dengan cuci tangan. Dilansir Thehealthsite, berikut adalah penyakit karena malas cuci tangan.

Penyakit pernapasan

Anda juga harus mencegah terjadinya penyakit pernapasan. Apalagi jika kondisi imunitas menurun. Nantinya penyakit menular lewat pernapasan juga akan memicu flu, batuk dan sakit tenggorokan yang harus dicegah.

Infeksi tenggorokan

Sebelum makan, biasakan cuci tangan ya. Apabila Anda makan apapun tanpa mencuci tangan, bakteri yang ada di tangan masuk ke tubuh. Akibatnya, makanan tersebut beserta bakteri masuk melalui tenggorokan, yang bisa memicu infeksi.

cuci tangan

Hepatitis B

Salah satu langkah penting untuk mencegah penyakit menular seperti hepatitis B atau penyakit kuning yaitu dengan cuci tangan. Pastikan sanitasi di sskitar rumah Anda memadai. Agar semua bakteri di sekitar tak menginfeksi diri Anda dan keluarga.

Diare

Diare menjadi salah satu masalah pencernaan yang harus segera diobati. Umumnya, disebabkan karena virus yang menginfeksi sistem pencernaan. Karena itu, setelah melakukan kegiatan apapun cuci tangan dengan sabun, lalu bilas dengan air bersih ya!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini