Perlukah Cuci Tangan dengan Air Hangat?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 20 April 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 20 612 2202110 perlukah-cuci-tangan-dengan-air-hangat-xxSzYmqQo9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENCUCI tangan memang menjadi salah satu langkah awal dalam membentengi diri dari virus corona COVID-19. Tapi ingat cuci tangan harus dilakukan dengan sabun dan air mengalir.

Memang, bagi sebagian masyarakat Indonesia cuci tangan menjadi budaya kebanyakan setelah dan sebelum makan. Tapi, sebenarnya mana yang lebih baik, mencuci tangan dengan air dingin atau air hangat?

Nah, bicara mengenai cuci tangan, dilansir dari Health, ternyata diketahui bahwa cuci tangan dengan air dingin atau hangat sama baiknya dengan air hangat. Hal tersebut dilihat dari daya membunuh kuman bakterinya.

Pada penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Fold Protection, diketahui hasilnya adalah mencuci tangan dengan air dingin akan bekerja sama baiknya dengan air panas untuk menghilangkan bakteri.

cuci tangan

Ketika para peneliti menganalisis jumlah bakteri yang tertinggal di tangan setelah dicuci, mereka menemukan bahwa air pada ketiga suhu tersebut bekerja dengan baik. Begitu juga jumlah sabun yang digunakan. Walaupun, mereka mengatakan lebih banyak penelitian diperlukan untuk menentukan jenis sabun yang terbaik.

Kemudian, diketahui juga dengan menggunakan air dingin dan membatasi jumlah air yang mengalir itu bisa memiliki penghematan energi dan biaya yang signifikan. Bukan hanya itu, fakta yang perlu diperhatikan adalah mencuci tangan berulang kali di air yang terlalu panas bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan kulit.

Terkait dengan durasi mencuci tangan, bila Anda mencuci tangan hanya dalam waktu 5 detik, itu tidak membersihkan tangan dengan efektif. Tapi mencuci selama 10 detik bekerja sama baiknya seperti mencuci dalam jangka waktu yang lebih lama. Namun, menjadi catatan, waktu 10 detik itu pun merupakan waktu mininum Anda mencuci tangan, ya.

Nah, untuk memudahkan cuci tangan bisa dilakukan dengan 6 langkah. Mudahnya, melakukan teknik cuci tangan sambil menyanyikan lagu Happy Birthday sebanyak dua kali.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini