Pandemi Corona, Yuni Shara Ajak Perempuan Indonesia Berbagi Kasih di Hari Kartini

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 20 April 2020 21:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 20 612 2202233 pandemi-corona-yuni-shara-ajak-perempuan-indonesia-berbagi-kasih-di-hari-kartini-4wgcnFQc70.jpg Yuni Shara ajak perempuan berbagi kasih di Hari Kartini (Foto : @yunishara36/Instagram)

Setiap 21 April Indonesia merayakan Hari Karini untuk mengenang jasa-jasanya dalam kesetaraan gender. Kartini menjadi salah satu sosok penting dalam emansipasi wanita di Indonesia.

Biasanya, Hari Kartini diperingati dengan beragam aktivitas. Mulai dari perempuan-perempuan Indonesia mengenakan kebaya sembari pawai hingga perlombaan tertentu, yang pasti suasana seru dan ramai.

Namun, rasanya Perayaan Hari Kartini tahun ini jauh berbeda. Seluruh dunia, termasuk Indonesia tengah menghadapi Pandemi COVID-19. Namun, semangat juang Kartini tak boleh sedikitpun pudar meski di situasi Pandemi COVID-19.

Seperti semangat artis Yuni Shara yang mengajak perempuan-perempuan Indonesia untuk merayakan Hari Kartini dengan cara berbeda tahun ini. Hal itu diungkapkan oleh kakak Krisdayanti tersebut dalam unggahan video berdurasi 1.54 menit di akun Instagramnya,@yunishara36.

"Buat perempuan Indonesia di mana pun berada, semoga semua dalam keadaan sehat walafiat selalu," ucap Yuni Shara mengawali video.

Selanjutnya, Yuni menceritakan perayaan Hari Kartini yang biasanya dirayakan dengan memakai baju daerah, pawai, hingga perlombaan yang pastinya seru. Dirinya pun mengaku biasa melakukan hal tersebut bersama-sama murid-murid di Batu, Malang.

"Tapi, untuk Hari Kartini tahun ini kondisinya berbeda. Gimana kalau kita membuatnya menjadi Kartinian berbagi kasih, piye caranya? Bagaimana kalau kita berbagi masker yang terbuat dari kain atau berbagi mi instan, hand sanitizer, pokoknya apa saja yang penting ada manfaatnya buat kondisi saat ini," ajak Yuni Shara.

Lalu, bagaimana cara membagikan itu semua? Tenang, Yuni Shara memberi contoh untuk membagikan barang-barang yang tadi hendak diberikan ke sesama perempuan.

"Bisa taruh di depan rumah, ambil seperlunya, ini kita berbagi dari perempuan ke perempuan nih. Bisa dititip di RT atau RW, atau kalian bersahabat berkumpul tetapi dibatasi, dengan memakai kebaya atau baju daerah, sambil merayakan Hari Kartini tapi berbagi kasih, jadi pasti seru," ungkap Yuni Shara.

Setelah itu, artis cantik tersebut mengajak perempuan-perempuan Indonesia memposting kegiatan berbagi itu di media sosial masing-masing.

"Nanti posting sebanyak-banyaknya di sosial Anda semua, dan kita akan lihat gimana dashyatnya perempuan bergerak, perempuan berbagi untuk Bangsa ini. Kita lihat betapa dashyatnya perempuan Indonesia berbagi dan bergerak, selamat menyambut Hari Kartini," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini