Resep Makanan Warisan R.A. Kartini, Menarik untuk Dicoba di Rumah

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Selasa 21 April 2020 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 298 2202599 resep-makanan-warisan-r-a-kartini-menarik-untuk-dicoba-di-rumah-vRgLAcv20K.jpg Ayam Besengek (Foto: @susangracia)

SOSOK Raden Ajeng Kartini sebagai pahlawan nasional perempuan sudah tentu dikenal seantero Indonesia. Namun tidak semua orang mengetahui masakan kesukaannya.

Beberapa resep racikan keluarga Kartini dibongkar oleh salah satu kerabatnya, Suryatini Ganie. Ia berbagi 200 resep warisan Kartini beserta saudarinya yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah dalam buku 'Kisah dan Kumpulan Resep Putri Jepara: Rahasia Kuliner R.A. Kartini, R.A Kardinah dan R.A Roekmini' (2005).

Koleksi hidangan yang banyak dipengaruhi kuliner Belanda, China, Arab dan Jawa Tengah sangat menarik untuk dicoba. Beberapa yang menggoda selera, seperti Ayam Besengek, Sup Pangsit Jepara, Sate Gapit, dan Nasi Liwet Ayam.

Resep paling spesial dan menjadi kuliner khas Jepara, yakni Ayam Besengek. Tidak ada salahnya mencoba membuatnya untuk mengenang jasa Ibu Kartini.

Bahan-Bahan:

- 500 gr ayam (potong sesuai selera)

- 2 sdm minyak

- 1 bt serai (memarkan)

- 500 ml santan cair

- 2 sdm air asam jawa

Bumbu yang dihalusan:

- 5 btr bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 3 cm kunyit

- 6 btr kemiri

- 1/2 sdt ketumbar (sangrai)

- 1/2 sdt merica (sangrai)

- 1/2 sdt jintan (sangrai)

- Garam secukupnya

Saking populernya, resep ini telah dicoba beberapa pemilik channel YouTube dengan beberapa modifikasi proses memasak, misalnya:

• Resep Dapur Tyan

Dengan durasi pendek dan cara penyajian yang simpel cocok bagi yang tidak suka ribet. Di video ini langsung ditunjukkan potongan ayam dipanggang di atas panci anti lengket, kemudian semua bumbu diblender.

Berikutnya, bumbu halus yang sudah diblender ditumis dicampur dengan batang serai, daun salam, lalu ayam yang sudah dipanggang dimasukkan ke dalam bumbu, aduk hingga bumbu meresap, setelah itu tambahkan santan.

• Todding Kitchen

Video tutorial di channel ini memperlihatkan langkah memasak yang lebih mendetail. Mulai dari ayam dilumuri dengan jeruk nipis sebelum dipanggang.

Ayam tidak dipotong dan langsung dipanggang. Ayam yang sudah selesai dipanggang disatukan dengan bumbu halus dan cabe rawit merah yang sudah ditumis. Setelah tercampur rata kemudian ditambahkan santan dan diaduk hingga matang dengan api kecil.

Selamat Hari Kartini untuk Para Perempuan Hebat Indonesia!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini