7 Cara Mengerem Diri agar Tak Makan Berlebihan saat di Rumah Aja

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Selasa 21 April 2020 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 481 2202475 7-cara-mengerem-diri-agar-tak-makan-berlebihan-saat-di-rumah-aja-jZMplXykhW.jpg Ilustrasi. (Medicalnewstoday)

CARA terbaik untuk melindungi diri dari penularan virus corona COVID-19 adalah dengan isolasi mandiri di rumah saja. Namun saat di rumah saja, godaan yang paling sulit dihindari adalah mengerem diri untuk makan.

Meskipun hanya di rumah, Anda harus mengatur pola makan sebaik mungkin. Bila pola makan tak teratur, maka dapat menyebabkan beberapa perilaku tidak sehat, yang berakibat obesitas salah satunya.

Tak dapat dipungkiri, nyaman saat mengunyah makanan selama masa stres adalah reaksi normal. Maka Anda harus bisa mengerem diri agar tidak makan berlebihan selama di rumah, sebagaimana dilansir dari Healthline sebagai berikut.

Pahami diri

Salah satu cara paling membantu mencegah makan berlebih adalah untuk memahami mengapa hal itu terjadi. Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin harus makan berlebihan, termasuk stres atau bosan.

Jika mendapati diri Ada makan terlalu sering atau makan terlalu banyak dalam satu waktu, luangkan waktu sebentar dan periksa diri sendiri. Pertama, penting untuk menentukan apakah Anda makan karena lapar dan butuh makanan, atau apakah ada alasan lain.

Sebelum makan, berikan perhatian khusus pada perasaan Anda, seperti stres, bosan, kesepian, atau cemas. Cukup berhenti dan mengevaluasi situasi dapat membantu Anda memahami apa yang memaksa Anda untuk makan berlebihan dan dapat membantu mencegah makan berlebihan di masa depan.

Jika merasa sulit melawan rasa ingin makan, Anda mungkin harus mencari bantuan profesional. Terutama jika itu adalah kejadian umum atau Anda makan sampai merasa tidak nyaman dan mengalami perasaan malu atau bersalah sesudahnya, mungkin itu tanda-tanda gangguan makan.

Hapus godaan

Memiliki kue atau semangkuk permen warna-warni di meja dapat menambah daya tarik visual dapur Anda, tapi praktik ini dapat menyebabkan makan berlebihan.

Memiliki makanan menggoda dalam penglihatan dapat menyebabkan sering mengemil dan makan berlebihan, bahkan ketika Anda tidak lapar. Penelitian menunjukkan bahwa paparan visual terhadap makanan berkalori tinggi merangsang striatum, bagian dari otak Anda yang memodulasi kontrol impuls. Akibatnya dapat menyebabkan peningkatan keinginan dan makan berlebihan.

Lakukan, simpan makanan yang sangat menggoda, termasuk makanan yang dipanggang manis, permen, keripik, dan kue seperti di dapur atau lemari. Tidak ada yang salah menikmati suguhan lezat sesekali, bahkan ketika Anda tidak harus lapar.

Namun, jika terlalu sering makan dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental Anda.

Jangan membatasi

Salah satu aturan nutrisi terpenting yang harus diikuti untuk mencegah makan berlebih adalah untuk tidak menghilangkan makanan Anda. Seringkali, menjadi terlalu ketat dengan asupan makanan atau mengonsumsi terlalu sedikit kalori dapat menyebabkan makan makanan berkalori tinggi dan makan berlebih.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet ketat bukan hanya tidak efektif untuk penurunan berat badan jangka panjang, tetapi juga dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental dan meningkatkan tingkat stres Anda

Keluarkan kemampuan memasak Anda

Beberapa hal baik datang bersama dengan terjebak di rumah. Tidak memiliki pilihan untuk makan di luar di restoran membuat Anda memasak sendiri lebih banyak, yang telah terbukti meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Terlebih lagi, merencanakan makanan Anda beberapa hari ke depan dapat membantu Anda menghabiskan waktu dan bahkan terbukti meningkatkan kualitas diet dan mengurangi risiko obesitas.

Kendalikan porsi makan

Sudah biasa bagi orang untuk makanan langsung dari wadah tempat mereka yang dapat menyebabkan makan berlebihan.

Misalnya, mengambil satu liter es krim dari freezer dan makan langsung dari wadah daripada membagikan satu porsi saja dalam sebuah piring dapat menyebabkan Anda makan lebih banyak dari yang Anda inginkan.

Untuk mengatasi hal ini, lakukan kendalikan porsi dengan menyajikan satu porsi makanan sendiri daripada makan di luar wadah yang lebih besar.

Pilih makanan bergizi

Persediaan dapur dengan mengisi, makanan padat gizi tidak hanya dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga memerangi kecenderungan stres makan makanan yang sangat enak.

Sebagai contoh, mengisi lemari es dan dapur Anda dengan makanan yang dapat membantu Anda mengisi dengan cara yang sehat, daripada makanan yang kaya kalori kosong seperti permen, keripik, dan soda.

Hal tersebut adalah cara cerdas untuk mencegah kemungkinan rakus pada pilihan yang tidak sehat. Makanan bergizi adalah makanan yang tinggi protein, serat, dan lemak sehat.

Kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, kacang-kacangan, dan telur hanyalah beberapa contoh pilihan yang bergizi dan memuaskan yang dapat membantu Anda kenyang dan mencegah makan berlebihan

Bergerak

Terjebak di rumah dapat berakibat serius pada tingkat aktivitas, menyebabkan kebosanan, stres, dan meningkatnya frekuensi mengemil. Untuk mengatasi ini, luangkan waktu untuk aktivitas fisik harian.

Jika Anda merasa kehilangan karena pusat latihan kebugaran atau studio latihan favorit Anda ditutup, cobalah olahraga rumahan meniru dari YouTube.

Atau lakukan hiking di alam, berjalan kaki atau jogging di sekitar lingkungan Anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini