Hamil Tua, Andien Berbagi Rahasia ASI Lancar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 21 April 2020 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 481 2202831 hamil-tua-andien-berbagi-rahasia-asi-lancar-1Hx8rmv2z7.jpg Andien Aisyah. (Foto: Instagram/@andienaisyah)

AIR Susu Ibu (ASI) merupakan komponen yang paling penting dalam tumbuh kembang sang buah hati. Salah satu orang yang fokus dan sangat memperhatikan ASI kepada buah hatinya adalah Andien Aisyah.

Dalam acara Virtual Launching HerbaASIMOR “Mamsi, Kartini-ku di Rumah Aja” yang juga disiarkan Okezone, wanita berusia 34 tahun ini mengaku sangat menyukai masa menyusui sang anak. Aktivitas menyusui nampaknya juga selalu dirindukan oleh Andien.

Beruntungnya, Andien hamil kedua kalinya. Artinya dia harus siap menyusui bayinya saat lahir nanti.

andien

Nah, pada masa kehamilannya yang sudah memasuki trimester ketiga saat ini, Andien berusaha untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik agar dapat memberikan ASI yang terbaik untuk sang buah hati di masa depan.

“Jadi saya sangat senang dengan proses menyusui walaupun pada awal-awal menyusui, saya sempat mengalami einforcement. Pasti ada aja perjuangan saat proses menyusui,” ujar Andien.

Andien mengatakan, kerjasama antara istri dan suami sangat diperlukan untuk mengatasi masalah ini. Sang ibu harus bersikap kerap kepala untuk menyusui, sementara suami harus membantu juga. Kolaborasi yang tepat akan menghasilkab proses menyusui yang lancar dan baik.

“Jadi dari situ saya mengetahui kalau kedisiplinan sangan diperlukan dalam proses menyusui. Jadi di mana pun, kapan pun anak saya udah kayak koala, nempel terus kemana-mana,” lanjutnya.

Andien juga memberikan pesan dari pengalaman menyusuinya terhadap para orangtua yang baru memiliki anak. Ia mengimbau para orangtua tidak pernah menyerah untuk memberikan sesuatu yang terbaik untuk sang buah hati. Salah satunya adalah dengan ASI.

“Yakin bahwa setiap ibu itu bisa menyusui untuk mengawal awal kehidupan sang buah hati. Dan untuk mendukung itu bisa dipilih asupan gizi yang pas,” tuntasnya.

Sementara itu, Konselor ASI dr Ameetha Drupadi, CIMI, menambahkan, seorang ibu sudah semestinya menjaga asupan gizi anak sejak 1.000 hari pertama kehidupan. Sebab di periode ini sangat penting untuk perkembangan tubuh dan otak anak.

"Karenanya, ibu harus mendapatkan asupan makanan yang bergizi dari masa kehamilan hingga kelahiran anak agar dapat memiliki kuantitas maupun kualitas ASI yang baik,” ujar dr Ameetha.

Pada 1.000 HPK juga menjadi momen penting dalam pencegahan stunting. Maka, seorang ibu harus pintar untuk menjaga masa tumbuh kembang anak sejak masa kehamilan secara tepat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini