Potret Siswa TK Rayakan Hari Kartini di Rumah, Habis Gelap Terbitlah Terang

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 April 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 612 2202636 potret-siswa-tk-rayakan-hari-kartini-di-rumah-habis-gelap-terbitlah-terang-xYel7o4GI7.jpg Ucapan Hari Kartini dari siswa TK RA Nurul Hidayah Tangsel (Foto : Sukardi/Okezone)

Merayakan Hari Kartini biasanya penuh dengan sukacita pesta bersama. Ada yang pawai sepeda, mengenakan baju adat keliling jalanan, atau juga lomba-lomba lucu.

Tapi, itu semua tak bisa dilakukan saat pandemi COVID-19 seperti sekarang. Masyarakat diminta untuk tetap di rumah saja. Tak ada pesta meriah, apalagi tampilan centil mengenakan pakaian adat daerah masing-masing.

Namun, kemeriahan Hari Kartini tetap terasa di salah satu taman kanak-kanak di Tangerang Selatan. Ya, RA Nurul Hidayah Pakulonan ternyata tetap mengajak anak-anak muridnya yang belajar di rumah merayakan Hari Kartini. Perayaan tahunan ini dilakukan di rumah sendiri-sendiri.

Guru TK

Hal ini disampaikan Guru RA Nurul Hidayah Pakulonan Tety Fadilah. Aktivitas ini dilakukan agar anak-anak tetap bisa merasakan kemeriahan perayaan Hari Kartini walau di rumah saja.

"Kami memang meminta orangtua murid mengajak anak-anaknya untuk membagikan momen seru perayaan Hari Kartini di rumah masing-masing. Nggak harus pakai baju adat, yang penting mereka memperlihatkan karya mereka tentang kecintaannya pada RA Kartini," paparnya pada Okezone saat ditemui di sekolah, Tangerang Selatan, Selasa (21/4/2020).

Siswa TK

Tety melanjutkan, aktivitas ini menjadi bagian dari 'sekolah dari rumah' yang sudah diterapkan sejak pandemi ini berlangsung. Jadi, anak-anak juga diajarkan untuk tidak hanya belajar, tetapi ada aktivitas menarik lainnya. "Supaya nggak bosan juga," sambungnya.

Selain membagikan foto, beberapa anak juga ada yang berani unjuk kebolehan dengan membagikan video dirinya nyanyi lagu 'Ibu Kita Kartini'. Menurut Tety, kreativitas anak-anak memang tidak dibatasi, makanya aktivitas yang dikirimkan orangtua murid akan diterima dengan bahagia.

"Jadi, ada yang berkarya nulis, mewarnai tulisan, atau juga nyanyi. Yang penting, anak-anaknya tetap happy saat sekolah di rumah," tambahnya.

Siswa TK

Ada pesan khusus juga yang coba disampaikan Tety di perayaan Hari Kartini di rumah saja ini. Baginya, semangat anak-anak ini menjadi contoh bahwa sekalipun mereka berada di tengah pandemi COVID-19, mereka tetap bahagia.

"Meski di tengah pandemi, kami mencoba untuk mengajak anak-anak untuk mengilhami semangat RA Kartini dengan tetap semangat belajar meski situasinya seperti ini. Kami berharap, anak-anak ini bisa jadi seperti sosok Kartini kecil yang membanggakan di masa depan," tambahnya lantas tersenyum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini