Cuci Tangan Pakai Air Kobokan, Amankah dari Virus Corona?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 21 April 2020 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 612 2202710 cuci-tangan-pakai-air-kobokan-amankah-dari-virus-corona-z7gvSkmQuv.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KITA memang dianjurkan untuk mencuci tangan sebelum makan, tapi memang di beberapa tempat makan kita hanya disuguhkan air dalam wadah, atau yang kerap kita kenal dengan istilah kobokan.

Memang, tidak semua restoran atau warung makan pinggir jalan memiliki wastafel untuk mencuci tangan. Rata-rata hanya memberikan pelanggan ‘air kobokan’ di dalam mangkuk berisi irisan jeruk untuk membersihkan tangan. Efektifkah langkah tersebut?

Dokter Mulia Suryandari, MKM mengatakan cuci tangan sekadar menggunakan kobokan tidak berarti, apalagi air yang digunakan tidak mengalir.

"Untuk mengatasinya usahakan kalau jajan di pinggir jalan atau restoran, minimal membawa cairan antiseptik atau hand sanitizer dengan kadar alkohol 70%. Dengan begitu bakteri dan kuman yang ada di tangan bisa terbunuh,” jelas dr Mulia.

Memang, air mengalir membantu membuang bakteri dan virus yang telah mati atau tidak aktif yang menempel di tangan karena penggunaan sabun. Bagian sela-sela jari dan kuku juga tak boleh terlewat karena bisa menjadi sarang bakteri, bukan hanya menempel di telapak tangan. Selain itu, mencuci tangan harus dilakukan paling tidak selama 20 detik.

Cuci Tangan

“Cuci tangan yang baik itu harus dengan sabun dan air mengalir yang bersih. Semua bagian tangan juga harus dibersihkan menggunakan sabun, termasuk sela-sela jari,” katanya.

Tapi, walau terlihat mudah, mencuci tangan dengan cairan antiseptik ternyata juga ada aturannya. Dokter Mulia menyebut, mencuci tangan harus dilakukan dalam 6 langkah, meliputi sela-sela jari dan kuku.

"Pakai cairan antiseptik paling banyak digunakan hanya 5 kali. Sebab kalau sudah lebih dari 5 kali kuman tetap menempel di tangan walaupun tidak aktif. Jadi harus segera ketemu air mengalir dan sabun untuk membuangnya,” kata dr Mulia.

Nah, 6 langkah mencuci tangan yakni:

1. Basahi tangan, gosok sabun pada telapak tangan, kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian

3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih

4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci

5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian

6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Bilas dengan air bersih dan keringkan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini