Selain Malas Cuci Tangan, 6 Kebiasaan Ini Bisa Ganggu Kesehatan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 24 April 2020 07:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 612 2202728 selain-malas-cuci-tangan-6-kebiasaan-ini-bisa-ganggu-kesehatan-ZDH1W3xECq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI tengah pandemi corona COVID-19, mencuci tangan adalah hal yang wajib dilakukan, apalagi setelah kita pergi ke tempat umum. Tapi sebenarnya mencuci tangan hanya sebagian kecil dari banyak hal yang kita harus lakukan jika ingin sehat.

Sebagaimana melansir Thelist, selain cuci tangan, tanpa sadar ada loh kebiasaan lain yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Apa saja itu, yuk disimak.

Memulai hari dengan pikiran yang negatif

Jika Anda berpikiran negatif ketika memulai hari hal tersebut akan merugikan dan membahayakan kesehatan Anda. Maka dari itu agar terhindar dari pikiran negatif berusahalah untuk bersyukur karena masih bangun dipagi hari tanpa kekurangan apapun.

cuci tangan

Memainkan handphone ketika hendak tidur

Memainkan handphone ketika hendak tidur akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Cahaya terang dari handphone dapat menurunkan hormon melatonin yang akhirnya membuat Anda tidak bisa tidur. Jika kurang tidur akan membuat Anda mudah terserang penyakit seperti penurunan konsentrasi, gangguan imunitas dan jantung.

Menggunakan wadah plastik

Bagi Anda selalu membawa bekal ke sekolah dan kantor tentu tidak asing dengan wadah plastik. Ya ini digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman. Namun ternyata hal tersebut tidak baik untuk kesehatan karena kebanyakan wadah plastik mengandung bisphenol-A (BPA).

Zat ini berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Jadi sebelum menggunakan wadah plastik alangkah baiknya periksa tempat tersebut bebas dari BPA.

Melewatkan tidur

Sama halnya dengan hal diatas. Tidak tidur sangat berdampak buruk untuk kesehatan. Salah satu dampaknya adalah kurang tidur dapat memicu pelepasan hormon stress kortisol. Hal ini juga membuat otak tidak dapat beristirahat dengan baik, dan mengganggu sistem tubuh yang lain.

Melewatkan sarapan

Sarapan memberikan kita nutrisi yang berfungsi efektif bagi tubuh sepanjang hari. Namun jika melewatkan sarapan maka akan membuat kita makan berlebih di siang harinya. Hal ini akan meningkatkan kalori dalam tubuh.

Melewatkan makan

Bagi sebagian orang banyak melewatkan makan dengan alasan dapat mengurangi berat badan. Namun hal tersebut malah memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Tidak makan akan memperlambat proses metabolisme dan membuat Anda merasa lebih lelah, lesu dan tidak bersemangat dalam beraktivitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini