Tujuh Camilan Anak yang Sehat dan Lezat

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Rabu 22 April 2020 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 298 2203155 tujuh-camilan-anak-yang-sehat-dan-lezat-QpuYzt6XoG.jpg Cemilan Anak (Foto: Babycentre)

CAMILAN buat anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan tak boleh sembarangan. Agar anak tak bosan, sebaiknya orang tua memberikan camilan sehat untuk memberikan nutrisi tambahan ke dalam camilan yang bebas dari tepung olahan, gula tambahan dan bahan buatan.

Berikut adalah daftar camilan anak yang sehat dan lezat yang dikutip dari laman Heathline:

1. Yoghurt

Yoghurt jadi pilihan camilan anak karena kaya kandungan protein dan kalsium. Kalsium sangat penting untuk perkembangan tulang pada anak.

Tak hanya itu, beberapa yoghurt juga mengandung probiotik yang dapat memberikan manfaatnya untuk sistem pencernaan anak.

2. Kacang-kacangan

Kacang menjadi bahan pangan tinggi lemak sehat setara dengan serat dan antioksidan. Lemak makanan penting untuk mendukung pertumbuhan pada anak-anak.

Tapi sama dengan popcorn, orang tua perlu mewaspadai risiko tersedak bila memberi anak yang masih kecil camilan berupa kacang-kacangan. Cincang kacang terlebih dahulu agar lebih aman.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah sarapan sehat untuk anak-anak tetapi juga membuat camilan yang enak.

Oatmeal mengandung serat larut tinggi, yang meningkatkan jumlah bakteri sekaligus menguntungkan di saluran pencernaan, bersama dengan manfaat kesehatan lainnya. Campuran oatmeal dengan susu juga akan menambah protein dan kalsium tambahan.

4. Popcorn

Popcorn bisa menjadi camilan sehat untuk anak-anak. Cemilan dari biji jagung ini dapat dinikmati dengan sedikit mentega, dan taburan keju di atasnya.

Popcorn mengandung serat, antioksidan, vitamin B kompleks, mangaan dan magnesium.

5. Smoothies Buah

Varian minuman dari beragam buah ini menjadi cara yang baik untuk mengemas banyak nutrisi ke dalam bentuk camilan.

Membuatnya pun mudah. Pilih buah segar, potong-potong, blender dengan susu dan sedikit batu es. Gunakan bahan-bahan segar dan hindari gula tinggi. Isian smoothies bisa ditambah sayuran.

6. Keju

Keju terdiri dari protein dan lemak dan merupakan sumber kalsium yang baik. Makanan olahan susu berlemak secara signifikan berkontribusi pada kebutuhan nutrisi anak untuk kalsium, magnesium, dan vitamin A dan D

Studi menunjukkan bahwa makan keju dan produk susu lainnya dapat mendukung asupan yang lebih baik secara keseluruhan. Keju memberi anak-anak protein berkualitas tinggi, yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang tepat. Protein juga akan membantu mereka merasa kenyang di antara waktu makan.

7. Buah pir dengan taburan keju

Buah pir adalah makanan yang manis dan mudah dikonsumsi anak kecil. Pir tinggi serat dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Taburi setiap irisan pir dengan keju ricotta untuk menambahkan sumber protein dan kalsium yang enak ke camilan anak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini