Agar Lancar ASI, Dukungan Apa Sih yang Dibutuhkan Istri dari Suami?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 22 April 2020 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 481 2202947 agar-lancar-asi-dukungan-apa-sih-yang-dibutuhkan-istri-dari-suami-nbU726gs3j.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

AIR Susu Ibu (ASI) sangat penting bagi kehidupan seorang anak. ASI berperan penting dalam 1.000 hari pertama kehidupan karena dapat mencegah stunting (kekerdilan). Oleh sebab itu, kerjasama yang baik antara suami dan istri sangat diperlukan pada masa ini.

Dalam live streaming ‘Mamsi, Kartini-ku di Rumah Aja’ yang disiarkan Okezone, Konselor Laktasi, dr Ameetha Drupadi, menjelaskan ibu menyusui harus mendapatkan asupan makanan bergizi yang dimulai sejak kehamilan hingga kelahiran.

ibu

Hal ini sangat diperlukan karena menjadi penting dalam awal kehidupan. Oleh sebab itu World Health Organization (WHO) dan United Nations Children’s Fund (UNICEF), merekomendasikan beberap inisiasi mengenai hal yang wajib dilakukan oleh ibu yang baru melahirkan.

1. Menyusui pertama pada satu jam setelah lahir atau disebut dengan Inisiasi Menyusui Dini.

2. Ibu harus menyusui eksklusif dengan tidak memberikan makanan dan minuman apapun termasuk air putih.

3. Menyusui sesuai dengan keinginan bayi serta menghindari penggunaan botol, dot dan empeng.

Selain itu peran suami juga sangat penting pada masa ini. Suami harus aktif dalam mengambil keputusan dan memiliki sikap yang positif.

“Idealnya pada masa menyusui suami punya pengetahuan yang luas tentang keuntungan menyusui dan memiliki inisiatif untuk mendekatkan diri dengan bay melalui kehadirannya dalam proses persalinan. Selain itu suami perlu kontak lebih dekat dengan bayi selama masa neonatal,” terang Dokter Ameetha.

ayah asi

Selain itu, pijat laktasi juga bisa membantu ibu hamil untuk melancarkan ASI-nya. Dokter Ameetha mengajarkan cara melakukan pijat laktasi yang bisa dilakukan oleh sang suami dengan cara yang cukup mudah.

“Pijat laktasi ini saya mengarahkan kepada pijatan cinta yang dilakukan oleh suami kepada istri. Misalnya dengan memijat punggung yang diharapkan interaksi ini dapat meningkatkan hormon oksitosin yang dapat memperlancar ASI,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini