6 Tips Sehat Selama Pandemi COVID-19 ala Chef Degan Septoadji

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 22 April 2020 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 481 2203165 6-tips-sehat-selama-pandemi-covid-19-ala-chef-degan-septoadji-RVjQxrYLvK.jpg Chef Degan (Foto : BNPB Indonesia/Youtube)

Chef Degan Septoadji membagikan sejumlah tips sehat di rumah dalam menghadapi pandemi virus corona atau COVID-19. Setidaknya ada 6 tips yang dibagikan mantan Juri MasterChef Indonesia itu saat menghadiri konferensi pers di BNPB, Rabu (22/4/2020).

Menurut Chef Degan Septoadji, salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh adalah dengan memperhatikan asupan gizi, serta mengatur pola makan sehat dan bersih. Selain itu, perlu diimbangi pula dengan istirahat yang teratur dan berkualitas. Berikut ulasan lengkapnya.

Makan seimbang dan bervariasi

Tips pertama yang dibagikan Chef Degan adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan bervariasi. Maksudnya, masyarakat diminta untuk mengonsumsi jenis makanan yang bervariasi, dan tidak terpaku pada makanan tertentu. Bisa dimulai dengan mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran segar.

"Makan buah-buahan dan sayuran segar itu penting. Kemudian biji-bijian hingga beras. Bagi yang tidak bisa makan banyak nasi putih karena diabetes, bisa diganti dengan beras merah," kata Degan.

Diet Sehat

Selain itu, tubuh juga membutuhkan asupan protein. Nutrisi ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi protein yang berasal dari hewani.

"Tapi ada juga yang tidak bisa makan protein dari daging merah, bisa diganti dengan telor. Telur itu salah satu variasi makananyang tidak terlalu mahal. Terus ada ayam dan susu," tambahnya.

Degan juga mengingatkan agar porsi makanan yang disantap tidak berlebihan. Lebih baik mengonsumsi makanan berporsi kecil tapi sering, dibanding mengonsumsi makanan berporsi besar sekaligus.

"Yang jelas kurangi makanan berlemak, terlalu manis, atau terlalu asin juga. Kecuali bagi yang berpuasa. Karena seharian tidak mengonsumsi apa-apa, kita tentu butuh makanan untuk memulihkan energi. Jadi saat berbuka boleh makanan yang manis-manis," kata Degan.

Mendirikan rutinitas dan makan penuh perhatian

Selama melaksanakan isolasi mandiri di rumah, ada baiknya merencanakan aktivitas untuk mengusir rasa bosan dan tetap produktif. Hilangkan kebiasaan males-malesan, karena kebiasaan ini justru dapat menimbulkan dampak kesehatan.

"Di rumah jangan males-malesan. Akibatnya apa? Jadi banyak ngemil, terus berat badan naik dratis. Oleh karenanya, makan lah dengan dengan perhatian. Maksudnya, makanlah tepat waktu dan makan di saat kita memang harus makan. Jangan makan karena bosan," tegas Degan

Makan Sehat

Bila terpaksa harus membeli makanan dari luar, Degan menyarankan untuk memindahkan makanan tersebut dari kemasan ke piring saji. Cara ini sangat ampuh untuk melihat porsi yang disajikan.

"Selain itu, kalau makan jangan ambil gigitan besar. Ambil gigitan kecil-kecil saja, dan disarankan mengunyah hingga 30 kali atau secukupnya. Ini supaya makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat dicerna dengan baik," timpalnya.

Rutin minum air putih

Selain mengonsumsi makanan bergizi seimbang, tubuh juga harus tetap terhidrasi. Caranya dengan rutin meminum air putih setiap hari. Bagi anak-anak, Degan menyarankan untuk meminum air putih sebanyak 1-1,5 liter per hari. Sementara orang dewasa disarankan meminum air putih 1,5-2 liter per hari.

Minum Air Putih

Mempraktikan kebersihan dan makanan yang aman

WFH atau Work From Home, membuat sebagian orang memiliki banyak waktu luang. Biasanya mereka akan mengisi waktu tersebut dengan menjajal kegiatan-kegiatan baru, salah satunya belajar memasak.

Namun, Degan mengatakan, bagi mereka yang hendak memproduksi atau memasak makanan di rumah, disarankan untuk selalu memperhatikan kebersihan.

Masak

"Kalau mau memasak makanan, selalu cuci tangan dengan sabun paling tidak 20 detik. Kalau di dunia chef itu ada istilah clean as you go, jadi setiap gerak harus bersih-bersih lingkungan di sekitar kita," papar Degan.

Kemudian, bila Anda hendak menghangatkan kembali sisa-sisa makanan, hangatkanlah dengan suhu minimum sebesar 72 derajat celcius. Ini sangat ampuh untuk mematikan kuman-kuman yang ada.

"Alat-alat dapur juga jangan lupa dibersihkan atau diberi disinfektan," tegasnya.

Lakukan aktivitas baru

Olahraga Online

Selain belajar memasak, ada segudang aktivitas baru yang bisa Anda lakukan di rumah. Misalnya mengikuti kelas-kelas online atau tutorial olahraga di YouTube. Kegiatan ini tentu akan sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

"Dari segi olahraga, bisa push up, yoga, dan meditasi. Terus sekarang juga sudah banyak tutorial aerobic di YouTube. Bisa belajar menari tradisional atau modern juga. Kegiatan ini bisa Anda lalukan dengan anggota keluarga lainnya," ujar Degan.

Istirahat yang cukup dan berkualitas

Tidur

Terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas. Hindarilah konsumsi cafein yang berlebihan sebelum tidur. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, tenang, dan nyaman.

"Kalau bisa batasi juga penggunaan gadget. Lalu, buatlah ruangan atau tempat istirahat kita lebih tenang dan nyaman, pokoknya se-comfortable mungkin," tandas Degan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini