5 Aktivitas Online Rayakan Hari Bumi saat Pandemi Corona

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 22 April 2020 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 612 2203108 5-aktivitas-online-rayakan-hari-bumi-saat-pandemi-corona-ji5QIdg571.jpg Ilustrasi (Foto : Parentology)

22 April setiap tahunnya diperingati sebagai Earth Day atau Hari Bumi. Tapi perayaan Hari Bumi ke-50 tahun ini, sangat berbeda dari perayaan tahun-tahun sebelumnya.

Sebab dengan situasi pandemi virus corona COVID-19 yang terjadi di seluruh dunia saat ini, membuat masyarakat tak bisa memperingati Hari Bumi dengan beraktivitas di luar rumah sebab semua orang diwajibkan untuk karantina mandiri di rumah dan menjaga jarak.

Meskipun demikian, Anda tetap bisa melakukan sederet aktivitas online untuk merayakan Hari Bumi yang ke-50 di rumah. Apa saja aktivitas online yang bisa dilakukan? Menyitat Inhabitat, Rabu (22/4/2020) baca dulu yuk paparan singkat lima aktivitas onlien merayakan Hari Bumi di bawah ini.

1. Belajar sejarah

Sejarah Hari Bumi

Di rumah kita bisa mempelajari sejarah hadirnya tentang Hari Bumi. Hari Bumi pertama kali diperingati pada 22 April 1970, sebanyak 20 juta orang Amerika turun ke jalan-jalan dan kampus-kampus untuk memprotes tentang perusakan lingkungan dan meningkatkan kesadaran lingkungan. Gerakan ini, sekarang diakui sebagai acara sipil terbesar di dunia setiap tahun, menjadi cikal-bakal dari Environmental Protection Agency dan bagian dari Clean Air, Clean Water and Endangered Species Acts.

2. Tur virtual

Memperingati Hari Bumi, Google meluncurkan tur virtual, tur 360 derajat di 113 situs taman nasional yang berbeda, termasuk monumen, situs bersejarah dan garis pantai. The Nature Conservancy juga menampilkan serangkaian kunjungan tur virtual yang dirancang untuk pelajar tingkat 5-8.

3. Lari virtual

Buat yang hobi olahraga lari, bisa berpartisipasi dalam gelaran acara lari virtual 2020 Earth Day Run yang dihelat The Virtual Run Challenge. Para pesertanya didorong untuk menghabiskan waktu di bulan April ini untuk berlari. Anda tinggal mencatat jarakmil berlari dan berjalan yang dilakukan setiap hari. Pendaftarannya gratis loh! Atau bisa juga ikut marathon virtual, yang digelar Virtual Strides. Peserta bisa pilih jarak 5K, 10K atau half marathon. Setelah mencapai garis finis, para peserta bisa mengunggah hasil catatan waktu dan foto ke situs Virtual Strides. Sebagian biaya pendaftaran marathon virtual ini akan disumbangkan EarthShare, nirlaba non-profit yang bergerak di bidang lingkungan, mulai dari soal lingkungan udara, tanah, air, satwa, hingga kesehatan masyarakat.

4. Kampanye di sosial media

Hari Bumi

Anda bisa mengajak teman, sanak keluarga, kolega terdekat untuk meningkatkan kepedulian tentang masalah lingkungan melalui kampanye digital yang bisa diunggah melalui akun sosial media. Cepat dan sangat mudah bukan?

5. Mengunduh aplikasi Earth Challenge 2020

Dengan mengunduh aplikasi Earth Challenge 2020, kita akan membantu mengumpulkan data penting seputar masalah lingkungan yang ada di lingkungan terdekat sekitar kita. Memberikan data, contohnya mengukur kualitas udara dan polusi plastik kepada para ilmuwan dalam melakukan penelitian untuk membantu memelihara bumi agar lebih bersih, dan hasil datanya bisa ditambahkan ke database global.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini