Hari Bumi, Intip 5 Aksi Nugie Melestarikan Lingkungan Hidup

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 22 April 2020 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 612 2203362 hari-bumi-intip-5-aksi-nugie-melestarikan-lingkungan-hidup-AeJY2qrmGE.jpg Nugie (Foto : @nugietrilogy/Instagram)

Setiap tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi Internasional. Peringatan ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih peka dan ikut andik dalam merawat bumi di tengah ancaman pemanasan global (climate change).

Isu pemanasan global sendiri sebetulnya telah lama digencarkan oleh sejumlah non-profit organisasi hingga para selebriti dunia. Mereka menyadari bahwa pemanasan global merupakan ancaman nyata, dan dapat menghancurkan peradaban manusia.

Di Indonesia sendiri, ada sejumlah selebriti yang cukup vokal dalam mempromosikan isu-isu lingkungan kepada masyarakat luas. Mereka bergerak dengan cara masing-masing. Salah satunya adalah Agustinus Gusti Nugroho alias Nugie.

Berikut Okezone rangkumkan, 5 kontribusi dan strategi Nugie dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan di Indonesia.

Rutin bersepeda

Nugie

Salah satu cara terampuh untuk menyelematkan bumi dari pemanasan global adalah mengurangi emisi gas. Terkait hal ini, Nugie memilih sepeda sebagai alternatifnya. Dia cukup rutin membagikan aktivitas bersepedanya di Instagram. Seperti terlihat pada foto yang satu ini, Nugie tampak tersenyum bahagia memamerkan sepeda lipatnya yang bernuansa merah putih, menyerupai warna bendera Indonesia.

Gencar mensosialisasikan bahaya pemanasan global

Nugie

Sebagai seorang aktivis lingkungan, tak terhitung sudah berapa kali Nugie membagikan informasi atau mensosialisasikan bahaya pemanasan global di media sosial. Tengok saja caption foto yang dia tulis pada foto ini.

"Pohon yang terbakar di hutan bukan sekadar pohon yang hidup dengan dirinya sendiri, tetapi rumah bagi berbagai makhluk hidup yang setara hak hidupnya dengan manusia", tulis Nugie.

Tampil dalam berbagai acara lingkungan

Nugie

Selain berkampanye di media sosial, tak jarang pula Nugie ikut terjun langsung dalam berbagai acara bertemakan lingkungan. Nah, pada Hari Bumi tahun ini, Nugie menjadi pembicara dalam acara bertajuk "Nyanyi Sunyi Hari Bumi". Dalam acara tersebut, Nugie direncanakan akan membahas seputar bumi secara membumi dalam konteks kearifan lokal. Termasuk bagaimana kita bisa membantu untuk tetap lestari dengan langkah sekecil apapun.

Advokasi lingkungan melalui karya seni

Nugie

Sebagai seorang musisi, Nugie juga kerap melakukan advokasi lingkungan melalui lagu dan musik yang diciptakannya. Berkat komitmen dan upayanya tersebut, pada 2018 lalu, Nugie memperoleh penghargaan Satyalancana Wira Karya yang diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya.

Jadi duta WWF Indonesia

Nugie

Pria kelahiran 31 Agustus 1971 itu juga didapuk menjadi duta lingkungan hidup oleh organisasi internasional World Wide Fund for Nature (WWF). Bersama WWF, Nugie terus melakukan berbagai aksi nyata dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini