Tips William Gozali MasterChef Memilih Alat Masak yang Aman

Agustina Wulandari , Jurnalis · Kamis 23 April 2020 07:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 298 2203484 tips-william-gozali-masterchef-memilih-alat-masak-yang-aman-p64dUkFNmK.jpg Cara Memilih Alat Masak (Foto: The Kitchen)

BAGI penghobi masak atau masih sedang belajar memasak, peralatan masak alias kitchenwear menjadi hal penting untuk diperhatikan.

Biar tak salah pilih, berikut tips dari William Gozali ‘MasterChef’ ketika memilh alat masak yang tepat serta aman. Lantaran dengan peralatan yang tepat, memasak menjadi lebih menyenangkan.

1. Teflon atau Non-Stick Pan

Teflon antilengket aman digunakan untuk membuat telur dan menggoreng ikan. Berkat pelapis antilengket, bahan makanan yang digoreng tak akan hancur.

Ketika membeli non-stick pan William memastikan handle atau pegangannya tebal dan mengait erat ke penampangnya sehingga tak mudah goyang.

Pemenang MasterChef Season 3 ini berpesan agar membeli wajan teflon yang bagian bawahnya tebal agar ketika dipanaskan, apinya dapat menyebar dengan rata. Panas yang tersalurkan ke dalam masakan akan merata dan hasilnya lebih bagus.

Menurut William, ketika membeli peralatan masak, harga tak akan pernah bohong. Jadi ketika memang harganya mahal pun kualitasnya bagus.

2. Steal Pan dan Cast Iron

Steal pan belum berbahan stainless steal seperti non-stick pan, sehingga masih memungkinkan terjadinya lengket pada makanan. Modelnya pun lebih klasik. William mengatakan bahwa dia masih suka memakai steal pan meski terlihat old school, tapi justru terlihat seperti chef sebenarnya.

Minusnya, steal pan ini sulit perawatannya karena mudah karatan. Setiap habis pakai sebaiknya langsung cuci dan diberi sedikit minyak lalu diratakan ke seluruh permukaannya untuk mencegah terjadinya karatan.

Sementara Cast Iron pun hampir sama dengan steal pan karena perawatannya cukup sulit. Meski begitu, cast iron bisa digunakan untuk grill steak, ayam, daging. Grill steak bisa dapat hasil yang maksimal dengan menggunakan cast iron.

3. Wok dan Grill Pan

Memilih wok, tak berbeda dengan teflon, pastikan handle yang kokoh dan lapisan yang antilengket. Ukuran wok pastinya lebih lebar dan besar dari teflon, sehingga bisa digunakan memasak segala macam masakan yang digoreng, misalkan nasi goreng, capcay, ayam goreng, atau apapun. Perawatannya pun mudah banget, dan harganya sekitar Rp 300 ribu untuk yang kualitas bagus.

Grill Pan dengan handle plastik cukup kokoh dan bisa dipakai untuk roti atau steak. Sebaiknya perhatikan juga ketebala bagian bawahnya agar kematangan masakan lebih merata.

4. Sauce Pan / Panci

Sama seperti ketika memilih wajan teflon, memilih panci pun sangat penting melihat kualitas handle-nya, begitu juga penyambung antara handle dan pancinya. Perlu dingat, penyambung dan handle yang kokoh tak akan mudah lepas dan tidak menghantarkan panas ke handle, sehingga membuatmu lebih aman dan nyaman ketika memasak.

Untuk sauce pan, biasanya diperlukan dua ukuran, yang lebih besar dan kecil. Tujuannya agar kamu bisa sesuaikan dengan jenis masakan yang akan dimasak dan menggunakan panci yang mana.

Semoga tips dari William Gozali bermanfaat buat kamu yang sedang giat memasak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini