Mengenal Rob Greenfield, Pria yang Olah Semua Makanan dari Kebun Sendiri

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 298 2203740 mengenal-rob-greenfield-pria-yang-olah-semua-makanan-dari-kebun-sendiri-iHAdHGA412.jpg Rob Greenfield (Foto : Rob Greenfield/Youtube)

Mengonsumsi makanan dari bahan organik tentu sangat menyenangkan. Hal inilah yang dilakukan oleh pria berusia 33 tahun bernama Rob Greenfield dalam kehidupan sehari-harinya.

Rob mengaku selama setahun terakhir telah menanam tanaman dan 100 persen menggunakannya menjadi bahan makanan. Ia mengaku tidak pergi ke toko kelontong, restoran, atau bahkan pergi minuman di bar.

“Alam telah menjadi kebun saya, dapur saya, dan apotek saya. Saya di sini di Orlando, Florida, dan taman luas yang saya tinggali saat ini hanya halaman, seperti itu, ketika saya mulai,” terang Rob dalam video yang diunggahnya.

Rob mengaku tidak memiliki tanah, jadi untuk menanam makanan ia bertemu dengan orang-orang di lingkungannya. Ia pun mengubah halaman depan menjadi taman dan berbagi hadiah makanan dengan para tetangga.

“Sementara di sini, saya membangun rumah mungil seluas 100 kaki persegi bersama teman-teman saya. Untuk tempat tinggal dan markas sederhana saya,” lanjutnya.

Rob Greenfield

Rob menanam lebih dari 100 makanan berbeda di kebunnya. Lusinan sayuran yang berbeda dikemas sebagai asupan nutrisi. Ubi jalar, ketela, dan yuca untuk memenuhi kebutuhan kalori.

Buah-buahan lezat seperti pepaya, pisang, labu, wortel, kacang-kacangan, dan bit. Begitu banyak sayuran dan rempah-rempah, serta lada digunakan untuk menambah rasa makanan.

“Saya juga membangun kandang lebah sehingga bisa memiliki toko permen sendiri di halaman. Selain untuk kebun saya. Saya juga mencari lebih dari 200 spesies lebah berbeda dari alam,” sambungnya.

Rob juga memanen garam dari laut hanya dengan mengumpulkan dan mendidihkannya. Saya memperoleh kafein dari real holly tree yaupon. Saya menanam kunyit dan jahe segar di kebun.

Rob Greenfield

Saya memanen elderberry liar untuk membuat sirup elderberry untuk mencegah flu dan pilek. Saya memanen jamur reishi dan teh herbal serta tanaman kelor yang juga dikenal sebagai pohon vitamin.

“Saya memasak banyak makanan sehat yang berbeda. Sayuran fermentasi untuk membuat asinan kubis dan membuat minuman lezat seperti anggur madu dan bir jahe. Makanan penutup yang lezat pun tersedia sepanjang hidup saya,” imbuhnya.

Bahkan untuk kebutuhan kamar mandi pun, Rob menumbuhkan kertas toilet sendiri. Metode ini bukan hanya tentang cara menanam dan mencari semua makanan sendiri. Tapi bagaimana memberdayakan orang lain untuk menanam makanan mereka sendiri.

Untuk meningkatkan kembali kesehatan masyarakat dan menumbuhkan komunita, Rob mulai melakukan beberapa inisiatif dalam komunitas.

“Kami membangun 15 taman untuk orang-orang. Menanam lebih dari 200 pohon buah komunitas, dan mengirim lebih dari 5 ribu kantung benih gratis untuk membantu orang lain menanam makanan sehat organik mereka sendiri,” tutur Rob.

Rob Greenfield

Ia juga membuka kelas berkebun gratis di kebunnya untuk orang-orang yang ada di komunitas. Rob yang telah menjelajahi makanan selama hampir satu dekade percaya bahwa sistem pangan global telah rusak.

Ia mengatakan solusi untuk membenahi ini semua ada di komunitas. Masyarakat bisa menanam makanan sendiri seperti kebun herbal di dekat jendela atau beberapa pot tomat dan kemangi di balkon rumah.

Rob menyebut pasar petani adalah tempat yang bagus untuk memulai semuanya. Masyarakat dapat membeli makanan utuh dan memasak berbagai kreasi masakan ketimbang membeli makanan olahan kemasan.

“Tahun saya telah berakhir tetapi perjalanan makanan saya baru saja dimulai. Sebuah buku sedang dikerjakan dan 100 persen hasilnya saya sumbangkan untuk organisasi yang membantu solusi makanan,” tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini