Memilih Menu Sehat dan Bergizi saat Ramadhan ala Chef Degan

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 298 2203898 memilih-menu-sehat-dan-bergizi-saat-ramadhan-ala-chef-degan-khJm4HN40z.jpg Chef Degan (Foto : @deganseptoadji/Instagram)

Di bulan suci Ramadhan umat Muslim menjalankan ibadah puasa. Bulan suci Ramadhan tahun ini dijalani dengan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab kali ini dijalani di tengah kondisi pandemi COVID-19.

Berpuasa ditambah dengan situasi pandemi virus corona saat ini, kita harus betul-betul pintar dalam memilih menu makanan yang dikonsumsi. Tujuannya tentu agar tetap sehat selama berpuasa meski di tengah situasi sulit dan ada pembatasan seperti sekarang.

Jangan pusing dulu, kunci dalam memilih menu sehat dan bergizi saat berpuasa di bulan Ramadhan sebetulnya mudah saja kok! Dijelaskan oleh Chef sekaligus pakar kuliner, Chef Degan kuncinya ialah memilih banyak serat, buah dan sayur-sayuran.

“Makanan yang dipilih sehat dan seimbang gizinya, ada banyak komponen buah dan sayur-sayurannya. Serat bisa didapatkan dari sereal misalnya untuk menu sahur. Mudahnya bisa oat atau harvermut. Campur saja sama buah kering kayak kurma dan kismis, kasih susu, madu dan yogurt. Pakai pisang atau apel juga boleh. Serat seperti ini bagus, bikin enggak cepat lapar dan berenergi,” ujar Chef Degan saat dihubungi Okezone, Kamis (23/4/2020) melalui sambungan telefon.

Kurma

Tapi mengingat tidak semua orang suka dan terbiasa makan oat meal. Salah satu juri dari Master Chef Indonesia ini menambahkan, agar menu yang dimakan tetap sehat dan bergizi seimbang, saat makan makanan Indonesia porsi karbohidrat dari nasi bisa diganti dengan kentang, roti, pasta, jagung ataupun mi.

“Bosan nih makan itu-itu terus, nasinya kan bisa diganti kentang, jagung, pasta, mi, atau roti. Sebetulnya masakan Indonesia kayak sayur asam itu, makan jagungnya banyak nah kita sudah dapat karbohidratnya dari situ sudah cukup,”sambungnya.

Kemudian, sebisa mungkin sumber protein yang didapat dari daging, ialah jenis daging putih seperti ikan dan jenis seafood lainnya. Bukan daging merah seperti daging sapi atau daging kambing.

“Sumber proteinnya, protein hewani bisa dari telur, ayam, ikan. Daging merah kan tidak terlalu bagus untuk yang punya penyakit jantung atau darah tinggi. Tapi untuk daging putih, hati-hati juga kayak udang, lobster dan ikan teri yang kolesterolnya tinggi. Telur deh sudah paling gampang, bisa dimasak variatif, cocok buat banyak makanan, gampang di dapat di mana saja dan enggak mahal,” pungkas Chef Degan.

Sedangkan bagi orang-orang vegetarian, untuk pilihan menu sehat dan bergizi seimbang saat menjalankan ibadah puasa, Chef Degan merekomendasikan untuk mengonsumsi protein nabati seperti tahu, tempe atau roti gandum serta whole grain.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini