5 Tips untuk Masak Makanan Sahur dan Berbuka ala Chef Degan

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 298 2203925 5-tips-untuk-masak-makanan-sahur-dan-berbuka-ala-chef-degan-jU3AXgIjYz.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah secara resmi menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriah jatuh pada Jumat 24 April 2020. Kali ini, ibadah puasa dijalani umat Muslim di tengah situasi sulit karena pandemi COVID-19.

Situasi ini menjadikan kita harus sangat pintar dalam menjaga kesehatan tubuh, terlebih lagi karena menjalankan puasa.

Maka dari itu, Chef Degan tak sungkan memberikan sederet tips yang perlu dilakukan saat memasak makanan sahur dan berbuka di rumah di situasi pandemi COVID-19 saat ini. Berikut ulasan singkatnya di bawah ini.

Masak

1. Masak sesegar mungkin : Hindari memasak hidangan beberapa jam atau bahkan semalam sebelum sahur. Makanan yang disantap akan lebih segar sehingga semua nutrisinya terjaga.

2. Cuci tangan : Cuci tangan sampai bersih dengan air dan sabun sesaat sebelum memasak, menyentuh bahan makanan, ataupun sesudah masak.

3. Mencuci semua bahan makanan : Bahan-bahan makanan semuanya harus dicuci bersih terlebih dahulu sebelum masuk ke kulkas, bahkan telur sekalipun. Jika sudah masuk kulkas tapi belum dicuci bersih, ada peluang terjadinya kontaminasi.

4. Memisahkan makanan : Pisahkan makanan atau masakan matang dengan yang masih mentah di bagian rak berbeda. Makanan mentah disarankan oleh Chef Degan diletakkan di rak bagian bawah, sedangkan masakan matang di rak bagian atas.

5. Daging-dagingan dikeringkan dan dibungkus: Setelah membeli daging sapi, ayam atau ikan, Chef Degan menyebutkan sebaiknya dicuci sebentar lalu dilap sampai kering menggunakan tisu atau paper towel baru dibungkus. Jika tidak dibersihkan dan tidak dilap sampai kering, cairan di daging teksturnya lembap dan media berkembangnya bakteri.



1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini