Ajaib, Meski Paru-parunya Cedera Parah, Pria Ini Berhasil Sembuh dari Covid-19

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 481 2203614 ajaib-meski-paru-parunya-cedera-parah-pria-ini-berhasil-sembuh-dari-covid-19-qRPpSGSzYY.jpg Georger Thomann sembuh dari Covid-19 (Foto: WCVB)

Di tengah banyaknya kabar tentang kasus kematian pasien Covid-19, apalagi pasien yang memiliki penyakit penyerta sebelumnya, terdapat kabar baik yang bisa menjadi secercah harapan di tengah masa krisis pandemi Covid-19 saat ini.

Kabar baik datang dari seorang pria di Massachusetts, Amerika Serikat (AS) yang merupakan pasien positif Covid-19, George Thomann.

Thomann berhasil sembuh dari Covid-19, meskipun mengalami cedera parah di bagian paru-parunya. Berhasil sembuh dari virus corona meskipun mempunyai cedera parah di bagian paru-parunya.

 Thomann dan cucu-cucunya

Karena kisahnya yang bisa sembuh dari Covid-19 meskipun paru-parunya mengalami cedera parah, kini Thomann dipanggil sebagai pria ajaib oleh para tenaga medis yang merawatnya.

Peristiwa itu berawal saat 11 Januari 2020 lalu, Thomann dilarikan ke rumah sakit karena mengalami kolaps di bagian paru-paru. Ketika dalam masa pemulihan di Spaulding Nursing and Therapy Centre, Brighton, ia malah mengalami kolaps paru-paru yang kedua.

Kolaps paru-paru, atau nama medisnya pneumotoraks terjadi ketika udara menumpuk di ruang pleura, memberi tekanan pada paru-paru dan menghentikan paru-paru untuk mengembang sepenuhnya. Ada banyak penyebabnya, mulai dari karena trauma hingga kantung udara yang pecah.

Bahkan paru-paru Thomann hingga bocor sehingga mengakibatkan wajah dan tubuh bagian atasnya membengkak. Ia lalu dilarikan ke Rumah Sakit Brigham and Women.

Keadaan Thomann semakin parah karena ternyata ia tertular Covid-19 ketika dirawat di Spaulding Hospital for Continuing Care di Cambridge. Positif terinfeksi Covid-19, ia pun dikarantina selama 19 hari.

Menurut Thomann, tak ada pasien atau tenaga medis yang terkena Covid-19. Oleh karena itu ia tak tahu bagaimana ia bisa terkena Covid-19.

Namun mampu melewati masa-masa sulit hingga akhirnya sekarang sembuh, Thomann mengaku berterima kasih kepada cucu-cucunya untuk menghiburnya saat merasa menderita. Ia juga berterima kasih kepada tenaga medis yang merawatnya.

Seperti dilansir Foxnews, Kamis (23/4/2020), ketika akhirnya Thomann sembuh dan boleh pulang dari rumah sakit, para tenaga medis memutarkan lagu untuknya yang berjudul Don’t Stop Believing dari Journey.

“Aku tidak bisa meminta pelepasan yang lebih baik lagi. Aku benar-benar kehilangan kata-kata dan menangis. Semua tenaga medis pantas mendapatkan rasa terima kasihku, kalian semua berada di garda terdepan dengan mempertaruhkan hidup kalian untuk saya, untuk semua pasien Covid-19,” pungkas George.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini