Di Tengah Lockdown, Penyu Berkembang Baik di Sepanjang Pantai

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 612 2203720 di-tengah-lockdown-penyu-berkembang-baik-di-sepanjang-pantai-rJR6IQmjqk.jpg Penyu berkembag dengan baik (Foto: Travel Channel)

Pakar Biologi Kelautan mengklaim, populasi penyu di beberapa pantai Florida, Amerika Serikat (AS) sedang berkembang dengan baik. Hal ini disebabkan karena status lockdown yang ditetapkan pemerintah akibat pandemi virus corona.

Sebagian besar masyarakat AS memilih untuk berada di dalam rumah untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. Menurut laporan CBS Miami, Loggerhead Marinelife Center, yang memonitor aktivitas pantai setiap tahun, memastikan sarang penyu tidak terganggu.

Sarang-sarang mereka aman dari jangkauan manusia maupun anjing. Saat ini sebanyak 69 sarang telah dihitung, dan diperkirakan akan ada lebih banyak lagi sarang penyu yang dibuat selama pandemi virus corona ini.

 penyu

Sebagaimana dilansir dari VT, Kamis (23/4/2020), jumlah sarang penyu ini kabarnya jauh lebih tinggi daripada biasanya. Semua sarang penyu yang ada di sepanjang pantai dihitung dan di di antaranya terdapat spesies yang terancam punah.

Melihat fenomena tersebut, Manajer Senior Penelitian dan Data di Loggerhead, Sarah Hirsch mengatakan, penyu belimbing menjadi salah satu spesies penyu langka yang terancam punah. Kedatangannya di pantai adalah kabar yang sangat bagus.

"Penyu belimbing berkembang dengan baik tahun ini. Hal ini menjadi tahun yang sangat baik untuk penyu belimbing kami. Kami senang melihat penyu berkembang di lingkungan ini. Dunia kami telah berubah, tetapi penyu ini telah bertahan selama jutaan tahun,” ucap Sarah.

Sarah berharap fenomena kehadiran penyu saat lockdown untuk bertelur memberikan harapan bahwa mereka masih dapat hidup dan bertahan di bumi. Berita baik ini datang beberapa minggu setelah lebih dari 97 bayi penyu menetas di pantai.

Pada hari biasanya, sulit bagi penyu ini datang ke pantai dan menjaga sarang-sarang mereka. Pasalnya pantai ini selalu ramai didatangi pengunjung. Kondisi sepi umat manusia baru muncul ketika pemerintah memberlakukan sistem lockdown.

Seorang fotografer melihat reptil kecil itu pada 22 Maret di Pantai Paulista, sebuah kota di negara bagian Pernambuco di Brasil. Menurut pernyataan resmi dari Balai Kota Paulista, teknisi dari Urban Sustainability Center berada di lokasi untuk membantu dalam penetasan bayi penyu sisik.

Manajer Lingkungan Paulista, Herbert Andrade menyatakan terdapat 291 kura-kura laut lahir di Pantai Paulista secara keseluruhan pada tahun 2020, dengan 87 kura-kura hijau dan 204 kura-kura penyu sisik.

“Kali ini, karena tindakan physical distancing gara-gara virus corona, populasi tidak dapat memonitor kelahiran penyu-penyu itu dengan cermat,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini