Ini Waktu Terbaik untuk Berolaraga saat Puasa

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 25 April 2020 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 24 481 2204249 ini-waktu-terbaik-untuk-berolaraga-saat-puasa-cYHiglttNc.jpg Olahraga saat puasa (Foto: Trendhunter)

PUASA secara sehat perlu diterapkan agar daya tahan tubuh terjaga, apaligi sekarang sedang pandemi virus corona (COVID-19). Lalu bagaimana untuk mendapatkan tubuh sehat saat berpuasa Ramadhan?

Ketua Prodi S1 Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM mengatakan tubuh bisa tetap sehat dan bugar ketika puasa Ramadhan. Hal itu didapat jika Muslim menerapkan pola makan sehat yang kaya akan gizi, serta tidak lupa berolahraga.

“Aktivitas fisik seperti olahraga senam aerobik ringan hingga sedang dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar,” ujarnya sebagaimana dikutip dari lama UGM pada Sabtu (25/4/2020).

Lalu kapan waktu terbaik berolahraga untuk orang yang sedang puasa? Dilansir dari Life Strong, salah satu waktu terbaiknya adalah setelah sahur atau salat subuh. Saat itu, tubuh masih dalam keadaan bugar dan bisa melakukan berbagai jenis kegiatan.

Tidak perlu terlalu berat, Anda cukup melakukan peregangan dengan joging atau sekadar sit up dan push up selama 15 menit.

Namun bila masih mengantuk usai Sholat Subuh, Anda berolahraga pada sore yaitu satu jam sebelum berbuka puasa. Lakukan olahraga ringan seperti yoga atau joging 15 menit.

Jangan terlalu memaksakan diri karena saat itu kadar gula dalam darah sudah0 menurun drastis. Selain itu perlu dicatat bahwa sebelum berolahraga pastikan Anda sehat supaya tidak menimbulkan masalah dalam tubuh.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini