Canggih, Kamera AI Ini Bisa Tunjukkan Makanan Aman dari Virus Corona

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 24 April 2020 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 24 612 2204154 canggih-kamera-ai-ini-bisa-tunjukkan-makanan-aman-dari-virus-corona-89ttAifZMW.jpg Restoran memang kamera AI (Foto: Forbes)

Industri restoran jadi salah satu sektor industri yang paling terdampak karena pandemi virus corona COVID-19. Penurunan jumlah pelanggan yang datang, jadi salah satu penyebab karena sekarang masyarakat sudah menjalani karantina rumah dan tak bisa lagi keluar rumah secara bebas. Belum lagi ditambah dengan rasa takut jika bersantap di luar rumah.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang ada teknologi kamera canggih yang diklaim bisa membantu restoran-restoran untuk menunjukkan bahwa makanan yang mereka produksi aman dari virus corona. Ini mendorong konsumen tak perlu lagi merasa khawatir dan takut makanannya mengandung virus corona.

 Kamera AI

Perusahaan Dragontail System menawarkan kamera AI atau artificially intelligent yang berfungsi bisa memeriksa segala prosedur penting dalam menyiapkan makanan agar aman dari virus corona.

Pendiri sekaligus CEO Dragontail, Ido Levanon diketahui pertama kali meluncurkan dua produk pada 2013 silam. Salah satunya adalah sistem yang menggunakan algoritma untuk mengoptimalkan efisiensi paket pengiriman. Satu lagi adalah kamera AI yang awalnya dirancang untuk membantu restoran dengan fungsi sebagai QC (quality control) atau mengonstrol kualitas.

Dua produk ini dibuat dan dikembangkan oleh tim Ido, yang berisi orang-orang seperti ahli matematika, ilmuwan data, pengembang, dan lebih dari setengahnya adalah orang-orang yang biasa menangani pekerjaan operasional.

Ido menyebutkan produk kamera AI canggihnya tersebut, sudah digunakan oleh restoran pizza terkenal sebagai bagian dari memastikan seluruh makanan yang dibuat memang aman dan lolos standar keamanan.

“Pelanggan pertama kami adalah perusahaan besar seperti perusahaan pizza di Australia dan Selandia Baru,” ujar Ido.

Dengan kondisi pandemi virus corona saat ini, Ido berharap kamera AI yang sekarang sudah diperbaharui bisa dijual ke semua tipe restoran. Baik itu restoran berskala besar atau restoran-restoran kecil.

Diciptakan dengan teknologi canggih, kamera AI ini disebut dapat mendeteksi prosedur sekecil apapun. Contohnya memverifikasi jumlah irisan sosis yang ada di dalam pizza.

Selain itu, tentunya kamera AI tersebut juga dapat mendeteksi langkah-langkah keamanan yang krusial, misalnya apakah karyawan sudah mencuci tangan, apakah permukaan alat-alat di dapur sudah dibersihkan, apakah karyawan sudah memakai sarung tangan dan masker, dan sebagainya, seperti dikutip Forbes, Jumat (24/4/2020).

Untuk harga, kamera AI canggih ini dijual dengan harga dimulai dari USD50 atau sekitar Rp777.200 dan bisa saja melonjak hingga USD500 atau kurang lebih Rp7,7juta.

Tak hanya memeriksa semua prosedur keamanan dalam pembuatan makanan. Ido menjelaskan, dengan sistem yang ada di teknologi canggih ini juga bisa membantu pihak restoran dalam operasional pengiriman paket makanan.

“Sistem kami secara otomatis bisa memutuskan kurir harus mengantarkan paket dengan mengendarai apa sehingga bisa membantu proses pengiriman lebih efisien,” tambahnya.

Ido menegaskan, kamera AI berteknologi canggih ini bukan bertujuan untuk menggantikan para pekerja. Melainkan sebagai cara untuk menunjukkan kepada para konsumen, langkah perlindungan penting yang perlu dilakukan di dapur secara berulang kali.

Meski sulit untuk bisa mengetahui seberapa besar hal ini bisa membantu konsumen merasa percaya, tetapi setiap langkah kecil ia yakini dapat membantu di tengah situasi pandemi seperti saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini